07 December 2022, 15:55 WIB

Indonesia Masters 2023 Kembali Bergulir di Awal Tahun


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

Dok PBSI
 Dok PBSI
Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna.

SETELAH dua tahun berturut-turut kejuaraan bulu tangkis Indonesia Masters digelar bergandengan dengan Indonesia Open menyusul pandemi covid-19, tahun depan Indonesia Masters kembali ke awal tahun. Turnamen BWF Super 500 itu akan bergulir pada 24-29 Januari di Istora Senayan. 

"Penting untuk disampaikan pada 2023 Indonesia Masters dan Indonesia Open tidak disatukan tapi dikembalikan lagi waktunya, di mana Indonesia Master akan dilaksanakan pada 24-29 Januari, dan rencananya indonesia Open akan diselenggarakan pada bulan Juli," ucap Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (7/12). 

Baca juga: Apriyani/Fadia Buka Perjalanan di World Tour Final dengan Kemenangan

Kembali menggandeng Daihatsu, pada tahun depan Indonesia Masters bakal menyediakan total hadiah sebesar USD420 ribu atau sekitar Rp6,5 miliar. Selain itu para peserta juga akan memperebutkan poin BWF sebesar 9.200 bila berhasil menjadi juara. 

Dijelaskan Agung hingga saat ini sudah ada sekiar 190 atlet dari 20 negera yang telah mendaftar untuk Indonesia Masters 2023, disebutnya jumlah tersebut masih akan terus bertambah hingga pendaftaran ditutup pada 13 Desember mendatang. 

"Sampai dengan saat ini, sudah ada 22 negara yang telah mendaftarkan untuk ikutserta, dan pendaftaran akan terus dibuka sampai 13 Desember 2023. Dari komitment yang masuk kepada kami kurang lebih diperkirakan akan diikuti 30 negara," jelasnya. 

Agung menyebut, gelaran Indonesia Master 2023 juga menjadi ajang pemanasan untuk para atlet sebelum kualifikasi Olimpiade Paris 2024 di mulai. Di mana Kualifikasi Olimpiade dijadwalkan akan dimulai pada April 2023. 

"Ajang ini juga merupakan satu perhelatan sebagai pemanasan serta tolok ukur jelang kualifikasi olimpiade paris 2024 yang akan mulai berlangsung bulan April 2023," terangnya. 

Sementara itu, pebulu tangkis spesialis ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo mengungkapkan bahwa Indonesia Masters telah menjadi turnamen yang luar biasa untuk mengawali musim baik bagi atlet maupun penggemar 

"PBSI sungguh luar biasa karena terus dapat melampaui batasan maksimal dan mengupayakan pertumbuhan bulu tangkis Indonesia yang stabil selama dekade terakhir. Pada turnamen Indonesia Masters, saya rasa semuanya dapat mengharapkan pengalaman yang tak terlupakan," ungkap Kevin. 

Kembali Tampil di Indonesia Masters, setelah terhenti di babak semifinal pada edisi 2022. Kevin yang bakal berduet dengan Marcus Fernaldi Gideon menyatakan dirinya menargetkan untuk merebut gelar juara di Indonesia Masters 2023. 

"Harapannya pasti pengen menang lagi. Semoga bisa membuat bultang makinpopuler lagi di Indonesia, semoga penyelenggaraan sukses," tukasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT