29 November 2022, 05:35 WIB

Brawn Pensiun dari Formula 1


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/CLIVE MASON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA
 AFP/CLIVE MASON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA
Managing Director Formula 1 Ross Brawn

ROSS Brawn, Senin (28/11), mengumumkan keputusannya untuk pensiun dan mundur dari posisi managing director Formula 1, yang didudukinya sejak 2017.

"Waktu saya di Formula 1 sudah berakhir," ujar pria Inggris, yang pekan lalu berusia 68 tahun. "Ini sudah saaatnya saya pensiun."

Brawn dikontrak Formula 1 pada Januari 2017 saat Liberty Media mengambil alih kendali balapan jet darat itu.

Baca juga: Red Bull Umumkan Tunjuk Ricciardo Sebagai Pembalap Ketiga di Musim 2023

"Liberty memahami masalah ekonomi Formula 1 namun mereka tidak tahu sisi olahraga dari Formula 1," ungkap Brawn.

"Mereka mendekati saya karena saya memiliki pengalaman di Formula 1, hal yang mereka buturhkan."

"Saya bersedia namun hanya jika kita mengembangkan olahraga ini dari perspektif yang berbeda. Saya rasa kami sukses melakukannya."

"Kami telah melakukan banyak kerja dan kini kami berada di fase konsolidasi. Akan ada mobil baru pada 2026 namun itu masih empat tahun lagi, terlalu jauh bagi saya. Karenanya, saya rasa sebaiknya ada orang lain yang memimpin Formula 1," lanjutnya.

Brawn merupakan direktur teknis Benetton antara 1992 dan 1996, tim tempat Michael Chumacher menjadi juara Formula 1 pada 1994 dan 1995.

Dia memegang posisi yang sama di Ferrari antara 1997 dan 2007 saat tim asal italia itu memenangkan empat gelar pembalap bersama Schumacher.

Brawn kemudian membeli tim BAR-Honda dan mengubah namanya menjadi Brawn GP. Tim itu menjadi juara dunia di satu-satunya musim mereka tampil di Formula 1, 2009, bersama Jenson Button. Tim itu kemudian dibeli oleh Mercedes.

Brawn bertahan sebagai prinsipal tim hingga 2013 dan hengkang saat Lewis Hamilton memenangkan gelar juara dunia pertamanya.

"Saya kini akan menonton Formula 1 dari sofa saya, mendukung dan memaki para pembalapi sebagai seorang penggemar," pungkas Brawn. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT