16 November 2022, 15:25 WIB

Belajar dari Kekalahan, Kunci Kemenangan Putri Kusuma di Australia Terbuka


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

Antara
 Antara
Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani saat berlaga.

PEBULU tangkis tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani mengaku belajar banyak dari kekalahannya atas wakil Malaysia Soniia Cheah di Kejuaraan Dunia beberapa waktu lalu. 

Berbekal hasil evaluasi itu, Putri pun sukses memetik kemenangan dari Soniia pada babak pembuka turnamen bulu tangkis Australia Terbuka 2022. Dalam pertandingan di Quay Centre, Sydney, Putri menekuk pemain asal Negeri Jiran itu dengan skor 21-19 dan 21-15. 

Kemenangan ini pun membayar kekalahannya dari Soniia pada babak pertama Kejuaraan Dunia 2022 di Tokyo. Kala itu, Putri kalah dengan skor 19-21 dan 18-21.

Baca juga: Adnan/Nita Bertekad Lebih Baik di Putaran Kedua Australia Terbuka

"Belajar dari kekalahan di Kejuaraan Dunia, saya sudah bertekad dan berusaha memperbaiki kekurangan di pertandingan imelawan Soniia. Saya sudah mengevaluasi apa kelebihan dan kekurangannnya," ujar Putri dalam keterangannya, Rabu (16/11).

"Senang saya bisa masuk ke babak kedua. Maklum, selama ini saat saya tampil di turnamen lebih besar, lebih sering tertahan di babak pertama," imbuhnya.

Menurut Putri, saat bertemu di Tokyo silam, sebenarnya dia bisa punya kesempatan memetik kemenangan. Sempat unggul, namun akhirnya kalah.

Baca juga: 15 Wakil Indonesia Siap Memburu Gelar di Australia Terbuka 2022

"Kini saya sudah membaca kebiasaan lawan. Untuk mengalahkan dia, strateginya saya harus lebih dahulu berinisiatif mengambil permainan depan. Ini agar permainan saya tidak tertekan dan sebaliknya lawan jadi tertekan," pungkas Putri.

Pada putaran kedua, Putri akan bersua Nozomi Okuhara yang merupakan unggulan keempat asal Jepang. Adapun Okuhara mengamankan tempat di putaran kedua, seusai menjeggal wakil tuan rumah Louisa Mia dengan kemenangan 21-6 dan 21-13.

Itu akan menjadi pertemuan pertama bagi Putri dan Okuhara. Berjumpa lawan tangguh, Putri yang saat ini menduduki peringkat 38 dunia, berharap dapat menampilkan yang terbaik di pertandingan besok.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT