03 October 2022, 20:20 WIB

Kang Emil Raih Penghargaan Pembina Olahraga Terbaik


Bayu Anggoro | Olahraga

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
 ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Gubernur  Ridwan Kamil berada di tengah-tengah atlet sepak bola Jawa Barat

KEPALA Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat Asep Sukmana mengungkapkan
Gubernur Ridwan Kamil mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo sebagai pembina olahraga terbaik di tingkat nasional.

"Penghargaan tersebut  menjadi bukti bahwa Pemerintah Provinsi dan Gubernur Jawa Barat  sangat peduli pada pembinaan olahraga di daerahnya," ujarnya, Senin (3/10).

Ia memastikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberi perhatian
serius terhadap pembinaan olahraga. Hanya saja, saat ini, kondisi keuangan daerah mengalami koreksi yang luar biasa akibat pandemi covid-19.

Selain itu, pada akhir tahun ini akan diselenggarakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV dan Pekan Paralimpik Provinsi (Perpaprov) VI Jawa Barat 2022.

Karena itu, tambah Asep, saat ini, pihaknya tidak bisa memberikan anggaran yang lebih besar untuk pembinaan olahraga di Jawa Barat. Kondisi ini terjadi mengingat kondisi keuangan yang tidak memungkinkan akibat dua tahun dihantam pandemi covid-19.

"Ini bukan hanya masalah di Jawa Barat saja, tapi juga di seluruh
Indonesia. Bahkan ini persoalan semua negara," kata Asep di Bandung.

Oleh karena itu, dia meminta insan olahraga di Jawa Barat memahami
kondisi ini. "Jadi tidak benar jika berkurangnya anggaran yang diberikan merupakan wujud ketidakpedulian pemprov, khususnya Gubernur Ridwan Kamil. Bukan karena tidak peduli. Tapi karena kondisi yang tidak memungkinkan," tegasnya.

Adanya penghargaan yang diterima Gubernur Ridwan Kamil, lanjutnya, menjadi buktinya. "Kalau dianggap tidak peduli terhadap olahraga, apalagi hanya gara-gara anggaran yang berkurang, mungkin tidak akan dapat penghargaan. Tapi ternyata kan dapat penghargaan dari Presiden sebagai pembina olahraga terbaik," bebernya.

Hal ini, tambah Asep, sebagai bukti bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan
Kamil memberikan perhatian yang serius terhadap dunia olahraga di Jawa
Barat.

"Bukti lainnya, Jawa Barat bisa mempertahankan juara umum PON,
lalu juara Pekan Olahraga Pelajar, juga olahraga ASN tiga kali
berturut-turut. Lalu Jawa Barat juga juara olahraga pesantren. Ini bukti bahwa ada keseriusan dari kami dalam membina olahraga di Jawa Barat," tandasnya. (N-2)

BERITA TERKAIT