30 September 2022, 22:31 WIB

India Resmi Masuk Kalender MotoGP 2023


Dhika Kusuma Winata | Olahraga

AFP
 AFP
Sejumlah pembalap MotoGP saat berlaga.

DORNA Sports resmi mengumumkan bahwa India akan menggelar balapan MotoGP mulai 2023. Untuk pertama kalinya, India akan menjadi tuan rumah ajang balap motor skala elite dunia.

MotoGP membidik ekspansi penonton di India yang berpenduduk 1,4 miliar orang. Adapun balapan perdana dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Internasional Buddh, Uttar Pradesh, sebelah selatan New Delhi.

Baca juga: MotoGP Kembali ke Thailand setelah Dua Musim Absen

Sirkuit tersebut sebelummya pernah digunakan untik ajang Formula 1 sejak 2011 hingga 2013. "Kami memiliki banyak penggemar di India dan kami senang dapat membawa olahraga ini kepada mereka," ungkap Bos Dorna Carmelo Ezpeleta.

Dengan populasi dan pasar sepeda motor yang besar, pemerintah India berharap kehadiran MotoGP dapat membawa banyak investasi asing. Menteri Olahraga India Anurag Thakur pun memuji pengumuman tersebut sebagai hari bersejarah.

Baca juga: Espargaro Berharap Aprilia Tidak Lakukan Blunder Lagi

Pengumuman itu hanya muncul hitungan hari, ketika Dorna juga memasukkan Kazakhstan ke dalam kalender balapan 2023. Dari jadwal MotoGP 2023, terdapat 21 seri balap, termasuk India dan Kazakhstan, sebagai lokasi baru.

Adapun GP Indonesia di Mandalika untuk kedua kalinya juga akan berlangsung. Mandalika menjadi seri ke-16 MotoGP yang akan digelar pada 13-15 Oktober 2023.(AFP/OL-11)
 

BERITA TERKAIT