13 September 2022, 09:15 WIB

Albon Sempat Gagal Nafas dan Butuh Ventilator Pascaoperasi Usus Buntu


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/Kenzo TRIBOUILLARD
 AFP/Kenzo TRIBOUILLARD
Pembalap Formula 1 dari tim Williams Alexander Albon

PEMBALAP tim Formula 1 Williams Alex Albon mengalami gagal nafas dan harus disambungkan ke ventilator karena mengalami komplikasi usai operasi usus buntu.

Pembalap berusia 26 tahun itu absen di GP Italia, akhir pekan lalu, setelah didiagnosa menderita appendicitis pada Sabtu (10/9) pagi. Dia kemudian dibawa ke RS San Gerardo untuk dirawat.

Pembalap Thailand itu kemudian menjalani operasi namun kemudian dilarikan ke ruang ICU karena butuh bantuan pernafasan.

Baca juga: Verstappen Siap Tampil Maksimal di GP Singapura

Williams mengatakan Albon telah dilepaskan dari ventilator pada Minggu (11/9) dan akan dirawat di rumah sakit setidaknya hingga Senin (12/9).

"Selepas operasi, Alex mengalami komplikasi anastesi pascaoperasi yang menyebabkan gagal nafas. Dia kemudian diintubasi dan dipindahkan ke ruang ICU," ungkap tim Williams dalam sebuah pernyataan resmi.

"Kondisinya terus membaik dan dia telah dilepaskan dari ventilator, kemarin pagi. Dia telah dipindahkan ke ruang rawat biasa dan diperkirakan boleh meninggalkan rumah sakit besok," lanjut tim asal Inggris itu.

Albon, yang membalap dengan kewarganegaraan Thailand karena ibunya, ambil bagian dalam sesi latihan di GP Italia, Jumat (9/9).

Namun, dia merasa tidak enak badan pada Sabtu (10/9) pagi dan posisinya digantikan oleh pembalap cadangan Nyck de Vries, yang sukses finis kesembilan di GP Italia untuk meraih poin di debutnya di Formula 1.

Albon tidak membalap pada musim lalu setelah dicoret oleh Red Bull.

Namun, sejak bergabung dengan WiIliams, performa Albon membaik. Dia memperoleh poin pertamanya di GP Australia, April lalu, dan dua poin lagi setelah finis di 10 besar di GP Miami dan GP Belgia. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT