06 September 2022, 11:45 WIB

Swiatek Tantang Wakil Tuan Rumah Di Perempat Final AS Terbuka Pertamanya


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

AFP
 AFP
Iga Swiatek

Petenis putri nomor satu dunia Iga Swiatek mencatatkan pencapaian baru dalam karier tenisnya. Perempuan berusia 21 tahun itu berhasil menjadi petenis putri Polandia pertama yang menginjakkan kaki di perempat final Amerika Serikat (AS) Terbuka 2022.

Kesuksesan itu didapat Swiatek usai memetik kemenangan atas petenis asal Jerman, Jule Niemeier. Dalam aksinya di babak 16 besar, Swiatek menampilkan comeback apik untuk merebut kemenangan dengan skor akhir 2-6, 6-4 dan 6-0.

"Ini sungguh memuaskan. Mencapai perempat final pertama saya di New York, saya sangat bangga," kata Swiatek dikutip dari AFP, Selasa (9/6).

Kesuksesan Swiatek mencapai perempat final di AS Terbuka 2022 menjadi bukti bahwa petenis Polandia itu masih mampu tampil kompetitif di sisa musim ini. Setelah sebelumnya, juara Prancis Terbuka 2022 itu sempat kehilangan tajinya dalam dua turnamen terakhir di Kanada Terbuka dan Cincinnati Masters.

"Saya bangga bahwa saya tidak kehilangan harapan pada pertandingan ini," kata Swiatek. "Saya sempat kesulitan untuk menekan lawan. Saya cukup senang itu berhasil. Saya menggunakan pengalaman saya untuk menjaga level saya sepanjang pertandingan," sambungnya.

Mencapai perempat final pertama di AS Terbuka, Swiatek selanjutnya akan menantang wakil tuan rumah Jessica Pegula pada Rabu (7/9). Ini menjadi kali ketiga Swiatek berhadapan dengan wakil tuan rumah di Flushing Meadows musim ini, sebelumnya dia berhasil menjungkalkan Sloane Stephens (putaran kedua) dan Lauren Davis (putaran ketiga).

Adapun pertemuan Swiatek dengan Pegula akan menjadi pertemuan keempat mereka di lapangan profesional, sekaligus ini akan menjadi pertandingan ulang perempat final Prancis Terbuka pada Juni lalu.

Berdasarkan catatan WTA Swiatek telah merebut dua kemenangan dari tiga pertemuan sebelumnya dengan Pegula. Di Roland Garros Swiatek berhasil menang atas Pegula dengan dua set langsung 6-3 dan 6-2.

Jika Swiatek mampu tampil konsisten seperti yang di tampilkannya pada empat pertandingan terakhirnya di AS Terbuka 2022, yang mana dia baru kehilangan satu set. Bukan tidak mungkin Swiatek dapat merebut tiket semifinal pertamanya di AS Terbuka. (AFP/OL-12)

BERITA TERKAIT