06 September 2022, 08:13 WIB

Melaju ke Perempat Final AS Terbuka, Swiatek Cetak Sejarah


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/KENA BETANCUR
 AFP/KENA BETANCUR
Petenis Polandia Iga Swiatek

PETENIS nomor satu dunia Iga Swiatek mencetak sejarah sebagai petenis putri Polandia pertama yang mencapai perempat final Amerika Serikat (AS) Terbuka setelah mengalahkan Jule Niemeier, Selasa (6/9) WIB.

Juara Prancis Terbuka itu bangkit setelah kalah di set pertama dan melakukan break guna mengalahkan lawannya yang berperingkat 108 dunia asal Jerman itu dengan skor 2-6, 6-4, dan 6-0.

Unggulan teratas itu akan menghadapi unggulan kedelapan asal AS Jessica Pegula untuk memperebutkan satu tempat di semifinal.

Baca juga: Kalahkan Kvitova, Pegula Melaju ke Perempat Final AS Terbuka

Di laga di Louis Armstrong Court, kedua petenis banyak melakukan kesalahan sendiri, total terjadi 15 kesalahan ganda, 12 gagal servis dan 76 kesalahan sendiri.

"Sungguh memuaskan. Ini perempat final pertama saya di New York, jadi saya bangga sekali," kata Swiatek seperti dikutip AFP.

Niemeier, yang mencapai babak perempat final Wimbledon tahun ini belum pernah memenangkan pertandingan lapangan keras selama kariernya sebelum datang ke New York.

Namun, memasuki pertandingan babak 16 besar, dia tampil baik di set pertama sampai bersemangat mengulangi perjalanannya seperti di Wimbledon lalu saat dia juga mengalahkan petenis nomor dua dunia Anett Kontaveit.

Petenis berusia 23 tahun dari Dortmund itu menyapu bersih set pembuka dengan break pada gim pertama dan ketujuh.

Dia bermain tenang pada set kedua dengan menyelamatkan dua break point.

Niemeier sepertinya bakal mencatat kemenangan mengejutkan ketika mematahkan servis untuk memimpin 2-1 tetapi Swiatek akhirnya memenangkan set kedua setelah tujuh kali mematahkan servis dalam 10 gim.

Dalam set penentuan, petenis Polandia itu memimpin 4-0 saat Niemeier hanya bisa memenangkan lima poin. Swiatek memastikan tampil di perempat final Grand Slam ketiga sepanjang 2022.

Swiatek mengatakan kesuksesannya pada 2022 dibantu oleh kesetiaannya mendengarkan lagu AC/DC, Led Zeppelin, dan Pearl Jam.

"Saya sudah mendengarkan semua itu sepanjang tahun sampai saya bosan," kata dia. "Tapi saya tidak akan berubah." (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT