05 September 2022, 19:00 WIB

Perayaan Hari Olahraga Nasional akan Libatkan Banyak Stakeholder


Budi Ernanto | Olahraga

DOK IST
 DOK IST
Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022.

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga akan melibatkan segenap stakeholder olahraga dalam perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 sebagai simbol semangat dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Haornas tahun ini akan digelar terpusat di  Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat (9/9).

Peringatan Haornas kali ini akan berbeda dari edisi dua tahun sebelumnya yang hanya dilakukan di Jakarta dalam ruangan tertutup (indoor), yang diikuti secara virtual lantaran pandemi covid-19. Karena berlangsung di Stadion Batakan dengan konsep outdoor, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta memastikan akan ada puluhan ribu masyarakat yang berpartisipasi.

"Kita kumpul bersama di dalam Stadion Batakan, dimana nantinya akan juga kumpul simbol-simbol stakeholder olahraga di Indonesia, seperti KONI, KOI, KORMI, NPC, SOINA, para legenda atlet yang tergabung dalam wadah IOA dan atlet berprestasi, organisasi masyarakat Inorga-inorga yang tergabung dalam Kormi, organisasi olahraga pendidikan seperti Igornas, Isori, Bapopsi dan lainnya," tutur Isnanta, Senin (5/9). 

Lebih lanjut, Isnanta pun mengatakan tak hanya itu saja, Gubernur serta Bupati dan Kementerian/Lembaga yang tercantum dalam DBON, hingga pembina dan penggerak olahraga berprestasi akan hadir di Stadion Batakan sehingga terlihat semangat kolaboratif.

Baca juga: Kesehatan Mental Adalah Fondasi untuk Masa Depan Anak

"Target 20 ribu orang akan memadati Stadion Batakan, diantaranya akan membuat kolaborasi warna yang mencerminkan semangat olahraga tidak membedakan apapun, bekerja sama dalam mencetak juara untuk Indonesia," tuturnya. 

"Sama halnya terhadap logo Haornas 2022 yang dihiasi dengan berbagai aneka warna dan lambang Ibu Kota Nusantara (IKN), saling kait-mengait berbagai warna menyampaikan pesan harus bersama-sama dalam tujuan mencetak juara," tambah Isnanta.

Di samping sebagai momentum implementasi DBON dimana untuk mengangkat angka kebugaran jasmani masyarakat Indonesia dan angka partisipasi olahraga, melalui peringatan Haornas 2022 juga menambah semangat masyarakat Indonesia untuk berolahraga. (R-3)

BERITA TERKAIT