01 September 2022, 12:38 WIB

Chico Jaga Asa Tunggal Putra di Jepang Terbuka 2022


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

AFP/MOHD RASFAN.
 AFP/MOHD RASFAN.
Pebulu tangkis tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo.

Pebulu tangkis tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo menjaga asa sektor tunggal putra Indonesia di kejuaraan Jepang Terbuka 2022. Setelah mengalahkan unggulan kedua Kento Momota di putaran pertama, kini Chico melaju ke babak perempat final usai menekuk wakil Denmark Rasmus Gemke di putaran kedua pada Kamis (1/9).

Chico kini menjadi satu-satu nya wakil Indonesia di sektor tunggal putra yang tersisa, setelah Anthony Sinisuka Ginting memutuskan mundur akibat cedera pada putaran pertama dan Jonatan Christie terhenti di putaran kedua.

Dalam pertandingan melawan Gemke di Maruzen Intec Arena, Osaka, Jepang, Chico tampil penuh percaya diri, sejumlah strategi permainan yang telah disiapkannya pun dieksekusi dengan baik. Pebulu tangkis kelahiran Jayapura itu memetik kemenangan dalam tempo pertandingan 41 menit dengan skot akhir 21-13 dan 21-14.

"Dari semalam memang saya sudah menyiapkan pola permainan seperti apa yang harus digunakan untuk melawan Gemke. Hari ini coba mengeluarkan semua kemampuan dan lebih tenang di lapangan. Jadi permainan saya bisa keluar. Kondisi lapangan normal, tidak ada kendala berarti untuk menyesuaikan," ucap Chico usai kemenangannya, dikutip dari keterangan resmi PBSI, Kamis (1/9).

Lebih lanjut Chico menjelaskan, dirinya berupaya untuk tampil lebih ulet dan tidak mudah mati sendiri dalam pertandingan ini. Hal itu lah yang kemudian membuatnya berhasil mengatasi perlawanan Gemke.

"Kunci kemenangan saya adalah temponya tidak kalah dari dia. Coba lebih ulet dan tidak mudah mati sendiri, akhirnya dia yang banyak mati sendiri. Saya tadi coba fokus untuk diri sendiri, tidak memikirkan hal lain, membuang pikiran-pikiran negatif saja," tuturnya.

Selanjutnya di perempat final Chico sudah ditunggu lawan tangguh yakni wakil Jepang Kenta Nishimoto, di mana pebulu tangkis peringkat 21 dunia itu berhasil melenggang ke perempat final usai menjeggal wakil Indonesia Jonatan Christie dengan skor kemenangan 15-21, 21-13 dan 21-18.

Membawa misi balas dendam atas kekalahan Jonatan, Chico mengaku siap untuk bertarung menghadapi Nishimoto. Kesuksesan Chico mengalahkan wakil Jepang Momota di putaran pertama kemarin di harapkan dapat kembali terulang di perempat final besok, Jumat (2/9).

"Besok lawan Nishimoto pastinya akan mempelajari permainan dia dan diskusi dengan pelatih apa yang harus dilakukan. Tapi yang pasti sekarang saya mau kembalikan kondisi dulu untuk pertandingan besok," tukasnya. (PBSI/OL-12)

 

BERITA TERKAIT