26 August 2022, 20:24 WIB

Atlet Sepeda Mancanegara Mulai Uji Coba Lintasan Stadion Tuah Pahoe


Surya Sriyanti | Olahraga

ANTARA/Makna Zaezar
 ANTARA/Makna Zaezar
Sejumlah atlet sepeda gunung (MTB) Indonesia menguji lintasan sirkuit Stadion Tuah Pahoe di Palangka Raya, Kalteng, Selasa (23/8).

PARA atlet sepeda dari berbagai negara mulai melakukan uji coba lintasan balap UCI MTB Eliminator World Cup 2022 di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat (26/8).

"Ini sesi latihan bagi para atlet yang dilaksanakan sampai sekitar pukul jam 16.00 WIB," kata Kabid Perlombaan PB ISSI Indra Dani.

Dia menjelaskan, dalam sesi latihan ini para atlet juga melakukan track walk yakni berjalan atau menyusuri lintasan balap di seluruh sirkuit, untuk mengenal lebih dekat karakter dan tantangan pada lintasan.

Setelah itu para atlet mulai memacu kecepatannya di lintasan arena dab berhenti di beberapa titik dalam lintasan dan berbincang. Bahkan ada pula atlet yang terjatuh selama latihan.

"Besok para atlet juga akan kembali melakukan latihan sebelum bertanding pada Minggu (28/8). Latihan besok dimulai dari jam 09.00-16.00 WIB," kata Indra.

Berdasarkan hasil evaluasi, dia mengatakan, hanya ada sedikit perbaikan arena, seperti penambahan pasir dan lainnya. Namun secara
umum, kondisinya saat ini sudah siap digunakan untuk pertandingan.

Sementara itu salah seorang atlet sepeda asal Austria, Elias, mengatakan, menghadapi turnamen Minggu nanti, dirinya lebih banyak
melakukan persiapan menggunakan sepeda.


Baca juga: Tercatat 600 Pembalap Sepeda Ikuti Balapan Tour de Muria


"Kami latihan daya tahan dan beberapa hal teknis yang juga kami persiapkan untuk pertandingan tersebut," paparnya.
 
Di sisi lain, para atlet Indonesia juga sebelumnya sudah melakukan latihan selama beberapa hari terakhir, karena sudah lebih dulu tiba di
Palangka Raya. Baik atlet putra maupun putri dari Indonesia, hari ini berfokus pada kecepatan dan ketepatan dalam melintasi trek.

Pelatih atlet Indonesia Yazid Kusumawati di Palangka Raya, Jumat, mengatakan bahwa dalam satu pekan ini anak didiknya terus melakukan latihan dan pemantapan di sirkuit Stadion Tuah Pahoe.
 
"H-2 kejuaraan sepeda gunung dunia ini, terus memantapkan feeling track sehingga dapat dikuasai dengan baik," katanya.
 
Untuk mental dan fisik 18 atlet selama berada di Kota Palangka Raya, kata dia, juga cukup baik dan tidak ada kendala yang dikhawatirkan. Meskipun ada dua atletnya terjatuh yang saat berlatih, tim medis yang disediakan panitia sigap memberikan penanganan.
 
"Ada dua atlet kita yang jatuh saat melaksanakan latihan di sirkuit tersebut. Jatuhnya mereka diduga salah saat mendarat, sehingga mereka
terjatuh," katanya.

Berdasarkan penjelasan dari PB ISSI, UCI MTB Eliminator World Cup 2022 akan diikuti puluhan peserta baik dari mancanegara maupun Indonesia sebagai tuan rumah. Ada dua kategori dalam kejuaraan ini, yakni Men Elite dan Women Elite. (Ant/OL-16)

 

BERITA TERKAIT