25 August 2022, 19:45 WIB

Gibran Janji Bayar Honor Relawan ASEAN Para Games XI Akhir Agustus


Widjajadi | Olahraga

MI/WIDJAJADI
 MI/WIDJAJADI
Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc) Gibran Rakabuming Raka 

ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Kota Surakarta, Jawa Tengah, yang berlangsung selama sepekan, pada 30 Juli-6 Agustus, masih menyisakan masalah. Honor sebanyak 1.300 volunteer belum dibayar.

Inaspoc selaku panitia penyelenggara menyatakan, terkait honor sukarelawan yang belum cair itu, sebenarnya sudah disosialisasikan saat dimulainya rekrutmen. Pencairan baru akan dilakukan akhir Agustus.

Perihal keluhan belum cairnya honor itu disuarakan relawan melalui Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS) milik Pemerintah Kota Surakarta.

Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka mengakui adanya persoalan honor 1.300 volunteer yang belum ditransfer.

"Hal itu sebenarnya sudah disampaikan saat rekrutmen volunteer. Memang benar honor volunteer belum cair. Akhir Agustus ini cair. Ini sudah saya sampaikan pada rapat INASPOC," ungkap Gibran, Kamis (25/8)

Putra sulung Presiden Jokowi itu menegaskan, pembayaran honor pada akhir Agustus juga sudah disosialisasikan sebelum APG dimulai pada 30 Juli lalu. Bahkan, volunteer sudah banyak yang tahu mekanisme pembayaran honor APG dilakukan akhir Agustus.

Ia pun menuturkan besaran honor volunteer APG XI tidak semua rata. Besar kecilnya honor tergantung tugas masing-masing.

Dia meminta para vokunteer tidak perlu khawatir terkait honor. Sebab dia sudah bertemu Deputi Kemenpora membicarakan soal hibah alat-alat olahraga dan honor volunteer APG. "Jadi tenang saja," tegasnya.

Inaspoc, lanjut dia, sebenarnya mendapatkan uang tunai dari para sponsor APG. Tetapi dananya digunakan untuk keperluan kegiatan kegiatan lain, mulai dari seremoni pembukaan dan penutupan. (N-2)

BERITA TERKAIT