04 August 2022, 05:15 WIB

Albon Dihadiahi Kontrak Jangka Panjang oleh Williams


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/Attila KISBENEDEK
 AFP/Attila KISBENEDEK
Pembalap Williams Alexander Albon

ALEXANDER Albon akan tetap membalap untuk tim Williams mulai tahun depan menyusul penandatangan kontrak multitahun. Hal itu diungkapkan tim Formula 1 itu, Rabu (3/8).

Belum dipastikan siapa yang bakal menjadi tandem pembalap Thailand kelahiran Inggris itu. Bangku kedua di Williams saat ini ditempati pembalap Kanada Nicholas Latifi, yang kabarnya kemungkinan akan diganti.

Kabar dari Williams itu meramaikan bursa transfer yang mendadak heboh dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: Terganjal Kontrak, Oscar Piastri Ogah Dipromosikan ke Tim F1 Alpine

Pembalap Australia Oscar Piastri, yang diumumkan oleh tim Alpine bakal membalap untuk tim milik Renault itu pada 2023, Selasa (2/8), membantah akan membalap untuk tim tersebut. Ia juga disebut-sebut dekat dengan Williams.

"Sangat menyenangkan tetap bersama Williams Racing untuk 2023," kata Albon dalam pernyataan resmi. "Saya menantikan melihat apa yang bisa kami raih sebagai tim di sisa musim ini dan tahun depan."

Albon bergabung dengan tim yang ditenagai mesin Mercedes itu tahun ini menyusul absen selama setahun dari F1 setelah kehilangan bangku di Red Bull.

Williams, tim juara dunia pada masanya, saat ini, menempati peringkat terakhir klasemen setelah 13 balapan, dengan Albon mencetak tiga poin sejauh ini. Latifi menjadi satu-satunya pembalap di grid yang belum mencetak poin.

"Alex adalah pembalap yang hebat dan anggota berharga di Williams Racing, jadi kami sangat senang dapat mengonfirmasi kami akan bekerja dengan dia dalam jangka panjang," kata bos Williams Jost Capito.

"Alex membawa perpaduan yang hebat antara ketrampilan dan pembelajaran berwawasan yang akan membantu membawa tim menuju kesuksesan yang lebih besar di masa depan."

"Dia adalah kompetitor sengit, telah membuktikan diri sebagai anggota tim yang loyal dan populer dan kami sangat senang dia akan menyediakan basis yang stabil bagi kami untuk terus berkembang di era mobil F1 baru ini," pungkasnya. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT