01 August 2022, 13:00 WIB

Raih 7 Medali, Kurnia Stable Juara Umum The Jakarta Master 2022


Briyanbodo Hendro | Olahraga

Dok. Kurnia Stable
 Dok. Kurnia Stable
Atlet Muhammad Akbar Kurniawan bersama kuda Braveheart dalam nomor jumping di The Jakarta Master 2022.

Kurnia Stable berhasil menjadi yang terbaik pada ajang kompetisi equestrian, The Jakarta Master 2022. Klub yang bermarkas di kawasan Gunung Geulis, Bogor, Jawa Barat, ini menjadi juara umum setelah berhasil mengamankan 4 medali emas, 1 perak, dan 2 perunggu.

Muhammad Akbar Kurniawan, salah satu atlet Kurnia Stable, berhasil menorehkan empat emas melalui kategori dressage advance open, dressage elementary u-21, jumping 105 cm u-21, dan speed jumping 105 cm open. Berkat pencapaian itu, rider berusia 18 tahun itu pun turut berhasil menjadi atlet dengan gelar terbanyak pada ajang tahunan tersebut.

"Syukur Alhamdulillah, pencapaian ini berkat dukungan yang baik dari semua pihak. Terima kasih semuanya," ujar Aan, sapaan akrabnya.

Dari nomor speed jumping 105 cm yang ia menangkan bersama kuda Braveheart, ia berhak memboyong pulang satu unit motor listrik. "Motornya saya persembahkan untuk pelatih (Viva Momongan) yang sudah dengan ulet membimbing sejak kecil," jelas Aan yang belajar berkuda sejak usia 9 tahun.

Sebelumnya, berbagai gelar tingkat nasional hingga internasional pernah diraih rider belia itu, di antaranya juara pertama pada ajang bergengsi Princess's Cup Thailand 2018, dan Longines Master-HKJC Asian Challenge 2019 yang digelar di Hongkong. Ia juga pernah mendapat penghargaan Atlet Harapan Putra di Golden Award Siwo PWI 2020.

The Jakarta Master 2022 merupakan ajang kompetisi equestrian tahunan yang sempat terhenti selama 2 tahun karena pandemi covid-19. Pada tahun ini, kompetisi diadakan di Arthayasa Stable, Limo, Depok, Jawa Barat, pada 28-31Juli 2022. (M-2)

BERITA TERKAIT