28 July 2022, 20:37 WIB

Wapres akan Buka APG XI 2022 di Stadion Manahan Solo


Widjajadi | Olahraga

MI/WIDJAJADI
 MI/WIDJAJADI
Ketua INASPOC sekaligus Wali Kota Solo memotong tumpeng pada acara wilujengan di Stadion Manahan, Jawa Tengah, Rabu (27/7) malam.

WAKIL Presiden KH Ma'ruf Amin dipastikan akan membuka ajang multievent ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/7) sore.

Hal itu ditegaskan Ketua INASPOC Gibran Rakabuming Raka usai meninjau gladi kotor pembukaan di Stadion Manahan, Kamis (28/7) petang. Wali Kota Surakarta itu hadir ditemani istri, Selvi Ananda, dan kedua putranya, Jan Ethes dan Lalembah Manahan.

Kepastian peresmian pembukaan pesta olahraga tertinggi bagi atlet penyandang disabilitas di Asia Tenggara itu merupakan hasil keputusan rapat koordinasi (rakor) dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali siang tadi di salah satu hotel berbintang empat di Kota Solo.

Gibran tidak menjelaskan secara detail tentang upacara pembukaan APG XI nanti, namun menyebutkan konsep kebudayaan Jawa, terutama tari tarian dan kesenian wayang yang akan menjadi suguhan dari acara nanti.

"Nanti closing ceremony-nya baru konsep budaya Nusantara. Namun seperti apa pada penutupan, ya nanti saja," tukas putra sulung Presiden Joko Widodo ini sambil terus berjalan menuju mobil.


Baca juga: Para-Atletik Dipertandingkan Setelah Seremoni Pembukaan di Stadion Manahan


Yang pasti, dalam upacara pembukaan nanti, atlet panjat tebing dari Blora sebagai pembawa obor api sekaligus menyulut di Koldron Stadion Manahan.

Pada bagian lain, Gibran menjelaskan bahwa pesta pembukaan APG XI akan dihibur oleh sejumlah artis penyanyi yang melantunkan lagu theme song APG XI.

Sebelumnya, Sekjen INASPOC Rima Ferdianto menyebutkan bahwa dua penyanyi yang didaulat tampil yakni Delon Thamrin dan Nella Kharisma akan membawakan lagu dengan berbahasa Inggris dan Indonesia.

"Ada dua versi theme song yang akan dinyanyikan di event internasional bagi kaum disabilitas ini, yakni menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia," tukas dia.

Sementara, Menpora Zainudin Amali bersama Ketua INASPOC menghadiri acara doa bersama atau wilujengan di Stadion Manahan untuk kelancaran pelaksanaan APG XI 2022, Rabu (27/7) malam.

Dalang Ki Purba Asmoro yang menjadi bintang tamu pada acara wilujengan meyakini bahwa pelaksanaan APG XI akan sukses, dengan kerja bareng  disertai doa kepada Tuhan. (OL-16)

 

BERITA TERKAIT