09 July 2022, 08:56 WIB

Djokovic Hadapi Kyrgios di Final Wimbledon


Dhika Kusuma Winata | Olahraga

AFP/ADRIAN DENNIS
 AFP/ADRIAN DENNIS
Petenis Serbia Novak Djokovic melenggang ke partai final Wimbledon 2022.

NOVAK Djokovic melenggang ke partai final Wimbledon 2022. Tiket ke partai puncak diraihnya usai menyisihkan petenis tuan rumah Cameron Norrie pada laga semifinal, Jumat (8/7) waktu setempat.

Pada laga final yang akan digelar Minggu (10/7), Djokovic akan menghadapi petenis Australia, Nick Kyrgios.

Djokovic yang berstatus unggulan teratas pada laga melawan Norrie tertinggal di set pertama namun akhirnya berhasil membalikkan keadaan secara dramatis 2-6, 6-3, 6-2, 6-4.

Kemenangan itu membuat Djokovic mencetak rekor 32 kali mencapai final turnamen grand slam. Di Wimbledon, dia sudah mengoleksi enam gelar dan kini membidik titel ketujuh untuk menyamai rekor Pete Sampras.

Baca juga: Lolos ke Final, Djokovic Incar Gelar Keempat Beruntun Di Wimbledon

Djokovic mengakui tak mudah mengalahkan Norrie. Tercatat dia hanya sukses melesatkan 55% servis pertamanya dan membuat 12 kesalahan sendiri pada set pertama.

"Dia (Norrie) adalah pemain yang lebih baik di set pertama. Semifinal grand slam saya sering tampil di sana tetapi selalu ada tekanan dari diri sendiri dan dari luar," ujarnya.

Djokovic kemudian bisa tampil lebih tenang di set kedua dan menemukan ritme servisnya serta mengurangi kesalahan sendiri.

Jika berhasil di final, Djokovic akan menambah koleksi titel grand slam-nya menjadi 21 gelar untuk melewati raihan Roger Federer sekaligus mengejar Rafael Nadal yang sudah mengoleksi 22 gelar.

Adapun bagi Kyrgios, laga puncak di Wimbledon ini menjadi final grand slam pertamanya.

Kyrgios dan Djokovic sejauh ini baru bertemu dua kali. Dari catatan pertemuan tersebut, Kyrgios unggul 2-0. (AFP/A-2)

BERITA TERKAIT