03 July 2022, 16:24 WIB

Kampiun di Tour de France Bikin Fabio Jakobsen Merasa Kembali Hidup


Dhika Kusuma WInata | Olahraga

AFP
 AFP
Fabio Jakobsen (tengah)

PEMBALAP sepeda asal Belanda Fabio Jakobsen, menorehkan hasil apik finis posisi pertama pada etape kedua Tour de France 2022 yang digelar Sabtu (2/7) waktu setempat. Kemenangan itu menjadi sejarah nagi Jakobsen yang berjuang bangkit setelah mengalami kecelakaan fatal di Tour of Poland dua tahun SILAM.

Pembalap tim Quick-Step Alpha Vinyl itu membuktikan diri sebagai pilihan penting setelah Mark Cavendish tak bisa tampil.

"Cavendish adalah legenda, saya berharap kami berdua bisa berada di sini. Dia membantu saya mendapatkan kesepakatan dan saya yakin dia menikmati kemenangan saya," kata Jakobsen.

Jakobsen mengungguli Wout van Aert (Belgia) dari tim Jumbo-Visma yang finis di posisi kedua. Jakobsen sukses memaksimalkan kemampuannya pada sprint di jalur datar etape kedua dari Roskilde ke Nyborg, Denmark, itu sejauh 199,2 km.

Kemenangan itu pun membuat Jakobsen seolah hidup kembali setelah kecelakaan hebat yang membuatnya koma di Tour of Poland.

"Ini seperti kehidupan kedua. Mereka yang mengenal saya memahami pengorbanan yang harus saya lakukan. Jadi hari ini saya benar-benar sangat bahagia. Kecelakaan itu membuat saya lebih rendah hati," imbuhnya.

Kemenangan itu membuat tim Quick-Step meraih dua kemenangan setelah di etape pertama Yves Lampaert juga finis terdepan.

Van Aert yang sementara ini memimpin klasemen turut memuji perjuangan Jakobsen melawan cedera parahnya.

Sementara itu, juara dua kali Tadej Pogacar (Emirates UEA) hanya finis di urutan ke-152. Adapun juara tujuh kali Peter Sagan (Total Energies) finis di urutan keenam pada etape kedua tersebut. (OL-8)

BERITA TERKAIT