30 June 2022, 23:25 WIB

RI Targetkan Dua Kemenangan Fase Grup Piala FIBA Asia 


mediaindonesia.com | Olahraga

Antara
 Antara
Timnas basket Indonesia menjalani sesi latihan di Istora Senayan, Jakarta.

TIMNAS bola basket putra Indonesia mengincar dua kemenangan dalam fase grup Piala FIBA Asia 2022 di Istora GBK, Jakarta, pada 12-24 Juli mendatang.

Hal itu diungkapkan manajer timnas basket Jeremy Santoso. Adapun Indonesia tergabung di Grup A bersama Arab Saudi, Yordania dan juara bertahan Australia. 

Tim asuhan Rajko Toroman itu harus finis delapan besar, jika ingin tampil pada putaran final Piala Dunia FIBA 2023. Demi menjaga asa tersebut, Indonesia harus meraih setidaknya dua kemenangan dalam fase grup Piala FIBA Asia 2022. 

Baca juga: Lawan Arab Saudi, Timnas Basket Ingin Ukur Kualitas

Tim Merah Putih bisa langsung melaju ke babak perempat final dan memastikan satu tempat di Piala Dunia 2023. Dalam hal ini, apabila mereka mampu menyapu bersih kemenangan dan keluar sebagai juara Grup A.

"Kami menargetkan otomatis harus menang dua kali di fase grup. Setelah fase grup, kami menargetkan minimal menang dua kali lagi. Itu sudah aman," ujar Jeremy dalam konferensi pers, Kamis (30/6).

Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Danny Kosasih menjelaskan, jika timnas hanya mengantongi satu kemenangan, akan menempati posisi ketiga. Serta, berpotensi bentrok dengan lawan yang lebih berat dari grup lain.

Baca juga: Menpora: Istora Siap Jadi Venue FIBA Asia 2022

Selepas fase grup, Indonesia akan bertemu lawan di Grup B yang dihuni Tiongkok, Korea Selatan, Taiwan dan Bahrain guna mengamankan tempat di perempat final.

Namun, jika bisa meraih dua kemenangan dan runner-up grup, akan lebih memudahkan karena Indonesia berhadapan dengan tim penghuni peringkat ketiga Grup B. Sebaliknya, jika Indonesia hanya mengemas satu kemenangan, harus berhadapan dengan Tiongkok atau Korea Selatan.(Ant/OL-11)

BERITA TERKAIT