30 June 2022, 04:32 WIB

Djokovic Melenggang Mulus ke Putaran Ketiga Wimbledon


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/SEBASTIEN BOZON
 AFP/SEBASTIEN BOZON
Petenis Serbia Novak Djokovic

UNGGULAN teratas Novak Djokovic tampil layaknya pemain dominan yang telah memenangi tiga gelar Wimbledon terakhir dalam kemenangan 6-1, 6-4, dan 6-2 atas petenis Australia Thanasi Kokkinakis, Rabu (29/6), untuk melaju ke putaran ketiga di All England Club itu.

Petenis berusia 35 tahun, yang mengincar gelar ketujuh di Wimbledon itu, sempat tampil buruk saat kemenangan pada laga pembuka melawan Kwon Soon-woo, tetapi dia kembali mendekati standar tinggi yang biasa dia lakukan saat melawan Kokkinakis, yang berperingkat 79 dunia.

Kokkinakis berhasil mengalahkan Roger Federer di putaran kedua Miami Masters pada 2018 tetapi harus legawa ketika Djokovic mendiktenya sejak awal pertandingan.

Baca juga: Serena Williams Tersingkir di Putaran Pertama Wimbledon

Kemenangan itu merupakan kemenangan ke-23 berturut-turut bagi Djokovic di laga Grand Slam lapangan rumput itu.

"Saya sangat senang dengan penampilan saya hari ini," kata Djokovic. "Saya pikir saya memulai dengan sangat baik, sangat solid dari belakang lapangan, membuatnya bekerja keras untuk setiap poin yang servisnya berhasil saya kembalikan."

"Saya mencoba untuk menyerang dia dari berbagai sudut lapangan, membawa banyak variasi dalam permainan."

"Tidak mudah untuk melakukan servis karena angin, hari ini angin berputar-putar di lapangan, sangat sulit untuk melempar bola. Tapi saya pikir dari sisi saya secara keseluruhan, performa yang benar-benar berkualitas tinggi dan saya sangat senang," lanjutnya.

Petenis Serbia, yang mengalahkan Kokkinakis dua set langsung dalam satu-satunya pertemuan mereka sebelumnya tujuh tahun lalu di Roland Garros, mematahkan servis lawannya di awal masing-masing dari tiga set dan melakukan lima break dalam pertandingan.

Djokovic mendominasi reli dan bersemangat untuk melangkah maju di setiap kesempatan -- memenangi 30 dari 38 poin di net.

"Saya harus mengatakan bahwa saya cukup senang dengan cara saya meningkatkan level tenis dalam dua hari," kata Djokovic.

"Mudah-mudahan, saya bisa menjaga performa itu, terus menjadi lebih baik saat turnamen berlangsung. Saya jelas hanya memikirkan tantangan berikutnya dan mudah-mudahan semuanya akan menjadi lebih baik dan lebih baik," tambahnya.

Untuk memperebutkan satu tempat di babak keempat, Djokovic akan bertemu rekan senegaranya Miomir Kecmanovic, yang mengalahkan petenis Cile Alejandro Tabilo dalam pertarungan empat set. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT