25 June 2022, 14:45 WIB

Swiatek Berpeluang Lampaui Rekor Venus Williams


Dhika Kusuma Winata | Olahraga

Christophe ARCHAMBAULT / AFP
 Christophe ARCHAMBAULT / AFP
Petenis Polandia Iga Swiatek

UNDIAN Wimbledon 2022 rampung dilakukan. Unggulan pertama Iga Swiatek akan melawan petenis kualifikasi Jana Fett (Kroasia) di babak pertama.

Swiatek kini dalam tren positif seusai menjuarai Prancis Terbuka 2022 lantaran sukses menyamai rekor 35 kemenangan beruntun milik Venus Williams. Petenis Polandia itu pun berpeluang menorehkan rekor baru jika berhasil menang di babak pertama Wimbledon.

Swiatek mengakui turnamen lapangan rumput bukan menjadi kekuatannya. Penampilan terbaiknya di Wimbledon hingga saat ini hanya mencapai putaran keempat. Meski begitu, dia termotivasi untuk mencoba melangkah lebih jauh.

Sementara itu, Serena Williams tampil kembali di turnamen Wimbledon 2022 setelah absen selama satu tahun akibat cedera. Serena yang masuk undian karena mendapat wild card terhindar dari lawan unggulan di babak awal. Dia akan bertemu petenis Prancis nonunggulan Harmony Tan di putaran pertama.

Lawan unggulan baru akan menanti Serena di babak-babak selanjutnya. Unggulan keenam yang juga finalis tahun lalu Karolina Pliskova potensial bertemu Serena di babak ketiga. Sementara itu, sesama wakil Amerika Serikat petenis belia Coco Gauff juga berpeluang bertemu Serena di fase 16 besar.

Serena tujuh kali berhasil menjuarai Wimbledon dan petenis 40 tahun itu mengemas 23 gelar grand slam. Wimbledon kali ini digadang-gadang sebagai peluang Serena menyamai rekor sepanjang masa dari legenda tenis Australia Margaret Court.

Unggulan ketiga Ons Jabeur potensial bertemu juara 2018 Angelique Kerber di babak keempat. Kedua pemain berada di paruh bawah undian sedangkan Swiatek dan Serena berada di bagian atas.

Di sektor putra, unggulan pertama Novak Djokovic berpeluang menghadapi bintang muda Spanyol Carlos Alcaraz. Keduanya berpotensi bertemu di perempat final jika sukses melewati lawan masing-masing di babak awal.

Di Wimbledon, Djokovic berstatus juara bertahan selama tiga edisi berturut-turut. Ia pun berhasrat menambahn catatan gemilang itu menjadi yang keempat kali. Di babak pertama, petenis Serbia itu akan melawan Soonwoo Kwon (Korea Selatan).

Sementara itu, Rafael Nadal berada paruh bawah undian sebagai unggulan kedua dan akan memulai turnamen menghadapi petenis Argentina Francisco Cerundolo. Nadal juga berpotensi bertemu dengan dengan finalis 2017 Marin Cilic di putaran keempat. Di Wimbledon tahun ini, Nadal mengincar titel grand slam ke-23 setelah sukses di Prancis Terbuka 2022.(OL-4)

BERITA TERKAIT