25 June 2022, 05:15 WIB

Sjostrom Lanjutkan Dominasi di Nomor 50 meter Gaya Kupu-Kupu Kejuaraan Dunia Renang


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/Attila KISBENEDEK
 AFP/Attila KISBENEDEK
Perenang Swedia Sarah Sjostrom

PERENANG Swedia Sarah Sjostrom melanjutkan dominasinya di nomor 50 meter gaya kupu-kupu putri ketika ia mengklaim medali emas di kejuaraan dunia renang di Budapest, Hungaria, Jumat (24/6), sedangkan favorit tuan rumah Kristof Milak meraih emas keduanya dari nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra.

Itu merupakan kemenangan keempat beruntun Sjostrom di kejuaraan dunia dan membuahkan medali ke-18 secara umum bagi perenang 28 tahun yang mengalahkan wakil Prancis Melanie Henique dan Zhang Yufei dari Tiongkok dalam perebutan podium teratas.

Peraih perak Olimpiade Milak, yang mencetak rekor dunia 200 meter gaya kupu-kupu, awal pekan ini, meninggalkan lawan-lawannya setelah titik 25 meter dan tidak kesulitan mengamankan kemenangan dengan catatan 50,14 detik.

Baca juga: O'Callaghan Juara Dunia Renang Gaya Bebas 100 Meter Putri

Perenang Jepang Naoki Mizunuma finis kedua dengan catatan 50,94 detik, di depan atlet Kanada Joshua Liendo Edwards.

Di nomor 200 meter gaya punggung putri, atlet Amerika Serikat (AS) Phoebe Bacon gagal berjaya setelah disalip oleh Kaylee McKeown meski memimpin sebagian besar lomba.

Perenang Australia itu merebut emas nomor tersebut dengan finis dengan margin sangat tipis 0,04 detik sedangkan kompatriot senegara Bacon, Rhyan White tertinggal hampir dua detik di peringkat tiga.

Lebih awal hari ini, Benjamin Proud mempersembahkan emas pertama bagi Inggris di kejuaraan tersebut lewat kemenangan di nomor 50 meter gaya bebas putra dengan catatan 21,32 detik.

Perenang AS Michael Andrew membawa pulang perak, sedangkan wakil Prancis Maxime Grousset finis ketika. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT