24 June 2022, 18:46 WIB

FIFA: Piala Dunia U-20 di Indonesia Digelar Mei-Juni 2023


Dhika Kusuma Winata | Olahraga

Antara
 Antara
Ilustrasi sejumlah pemain bola menjalani sesi latihan di Stadion GBK, Jakarta.

BIRO Dewan FIFA menyampaikan keputusan terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20, yang akan digelar di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Adapun Biro FIFA yang terdiri dari Presiden FIFA dan enam Presiden Konfederasi, mengumumkan langsung terkait Piala Dunia U-20.

"Setelah berdiskusi dengan PSSI, serta konsultasi dengan semua konfederasi, Biro mengkonfirmasi turnamen akan dilangsungkan pada 20 Mei-11 Juni 2023," bunyi pernyataan resmi FIFA dikutip Jumat (24/6).

Baca juga: Tim Peserta Piala Dunia Kini Bisa Bawa 26 Pemain

Pekan lalu, perwakilan FIFA datang ke Indonesia untuk mengecek kesiapan stadion, serta fasilitas lain yang akan digunakan. Diketahui, Indonesia menyiapkan enam stadion di enam kota berbeda.

Rinciannya, yakni Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Baca juga: Komdis PSSI Ungkap Hasil Investigasi di GBLA

Pengumuman jadwal tersebut disambut positif Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Menurutnya, kick-off yang akan dimulai 20 Mei 2023, menjadi momen penting karena bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional.

"Ini juga bisa menjadi momen kebangkitan bangsa Indonesia melalui sepak bola. Kami juga mengharapkan Piala Dunia U-20 FIFA memberikan dampak positif kepada masyarakat. Mulai dari ekonomi hingga sosial," tutur Iriawan.

Piala Dunia U-20 awalnya dijadwalkan pada 2021, namun kemudian dibatalkan karena pandemi covid-19. Biro Dewan FIFA tetap menunjuk PSSI sebagai tuan rumah untuk 2023. PSSI dengan dukungan penuh pemerintah pun menyatakan siap menjadi tuan rumah.(OL-11)

BERITA TERKAIT