23 June 2022, 19:47 WIB

Ini Penjelasan Menpora Soal Posisi Gibran dalam ASEAN Para Games


Dhika Kusuma Winata | Olahraga

Antara
 Antara
Presiden Jokowi bersama putranya Gibran Rakabuming Raka saat berada di Solo, Jawa Tengah.

MENTERI Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menegaskan bahwa dirinya selaku penyelenggara dan penanggung jawab pada ajang ASEAN Para Games 2022, yang akan digelar di beberapa kota di Jawa Tengah. 

Adapun Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, lanjut dia, membantu pelaksanaan kompetisi tersebut di daerah.

"Kendali tanggung jawab dan segala sesuatunya ada di Kemenpora. Pemerintah setempat hanya membantu penyelenggarannya," jelas Zainudin di Jakarta, Kamis (23/6).

Baca juga: Para-Bulu tangkis Indonesia Rebut Enam Gelar Juara di Dubai

Pihaknya pun meluruskan kabar seakan-akan Presiden Joko Widodo melalui Perpres ASEAN Para Games, menunjuk anaknya yang juga Wali Kota Surakarta. Menurut Zainudin, Gibran sebagai Ketua Pelaksana INASPOC, karena lokasi penyelenggaraan kompetisi di Jawa Tengah.

Di Surakarta juga banyak venue akan digunakan, karena selama ini menjadi pemusatan latihan atlet para games Indonesia. Selain Surakarta, wilayah Sukoharjo, Karanganyar dan Semarang juga menjadi lokasi penyelenggaraan.

"Di Perpres itu ketua penyelenggara adalah Menpora, tapi karena pelaksanaan di sana, jadi Wali Kota hanya membantu pelaksanaan karena tempatnya di sana," tuturnya.

Baca juga: SEA Games Vietnam Jadi Fondasi Sistem Seleksi Masa Depan

"Jadi (Wali Kota Solo) bukan penanggung jawab, penanggung jawab tetap saya dan pengarahnya Menko PMK," imbuh Zainudin.

Pihaknya menegaskan bahwa posisi Gibran ialah membantu Kemenpora sebagai penyelenggara. Zainudin berharap dengan dukungan tersebut, penyelenggaraan bisa sukses. 

"Saya berharap semuanya bisa sukses, masyarakat Surakarta dan sekitarnya memberikan dukungan," tandasnya.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT