22 June 2022, 12:56 WIB

Djokovic Hingga Berrettini Ramaikan Perebutan Gelar Juara di Wimbledon


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

AFP
 AFP
Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, saat berlaga di turnamen Roland Garros.

SEDERET nama petenis putra top dunia diperkirakan tampil pada grand slam Wimbledon musim ini.

Penyelenggara diketahui menaikkan total hadiah uang, yakni sekitar 11%, dari penyelenggaraan tahun lalu. Adapun petenis dunia, seperti Novak Djokovic (Serbia) hingga Matteo Berrettini (Italia), terdaftar dalam undian utama turnamen tenis lapangan rumput.

Dikutip dari laman resmi turnamen, Djokovic akan tampil sebagai unggulan pertama. Sang juara bertahan akan memperebutkan trofi grand slam ketujuh kalinya di Wimbledo. Serta, akan menjadi gelar grand slam ke-21 kali untuk Djokovic.

Salah satu rival utama Djokovic, yakni petenis Rusia Daniil Medvedev, bakal absen karena tidak diizinkan mengikuti Wimbledon. Itu menyusul larangan pihak penyelenggara terkait keikutsertaan petenis Rusia dan Belarusia di tengah invasi terhadap Ukraina. 

Baca juga: Serena Williams Mengaku Sempat Ragu akan Bermain Lagi

Kondisi itu tentu menjadi keuntungan tambahan bagi Djokovic, yang tengah mengincar trofi grand slam pertamanya tahun ini. Wimbledon menjadi peluang terakhir Djokovic untuk mempertahankan gelar grand slamnya musim ini.

Sebab, pada dua turnamen sebelumnya, yaitu Australia Terbuka dan Prancis Terbuka, Djokovic gagal mempertahankan gelar juara. Dia harus mengikhlaskan trofi tersebut direbut petenis Spanyol Rafael Nadal.

Di lain sisi, setelah harus puas keluar sebagai runner-up pada Wimbledon musim lalu, Berrettini akan kembali mencoba peruntungannya musim ini. Dijegal Djokovic pada babak final musim lalu, Berrettini terlihat lebih siap untuk memulai perjalanannya di Wimbledon.

Petenis Italia itu sukses mencatatkan penampilan gemilang di dua turnamen pemanasan jelang Wimbledon. Dia berhasil merebut trofi juara di Stuttgart Terbuka dan the Queen's Club Championships.

Baca juga: Nadal Keberatan Harus Hadapi Djokovic di Malam Hari

"Saya tidak tahu apakah saya favorit di sini (Wimbledon) atau tidak, karena Novak dan Rafa (Nadal) selalu hadir di turnamen ini,” tutur Berrettini.

Juara Wimbledon 2008 dan 2010, Rafael Nadal, akan tampil sebagai unggulan kedua pada Wimbledon 2022. Nadal yang sempat diragukan tampil di Wimbledon akibat cedera kaki, sepertinya akan tetap mengikuti turnamen tersebut.

Petenis putra lainnya yang juga masuk dalam daftar 32 besar di undian utama, termasuk unggulan ketujuh dan juara Halle Terbuka 2022, Hubert Hurkacz. Lalu, unggulan ke-14 yang merupakan juara kedua Wimbledon 2017, yakni Marin Cilic.

Diketahui, penyelenggaran Wimbledon 2022 dijadwalkan bergulir pada 27 Juni-10 Juli 2022. Saat ini, sejumlah petenis kualifikasi tengah bertanding untuk dapat tampil di undian utama.(AFP/OL-11)
 

BERITA TERKAIT