20 June 2022, 10:15 WIB

Petenis Rusia Ini Ganti Kewarganegaraan Agar Bisa Tampil di Wimbledon


Basuki Eka Purnama | Olahraga

Instagram @natadzala
 Instagram @natadzala
Petenis Rusia yang berganti kewarganegaraan jadi Georgia Natela Dzalamidze

SEORANG petenis Rusia berhasil lolos dari larangan bermain di Wimbledon untuk semua pemain asal 'Negeri Tirai Besi' itu dengan mengubah kewarganegaraannya  menjadi Georgia.

Natela Dzalamidze, 29, petenis ganda putri berperingkat 44 dunia akan tampil di Wimbledon berpasangan dengan petenis Serbia Aleksandra Krunic.

Penyelenggara Wimbledon, All England Club, April lalu, memutuskan bahwa pemain asal Rusia dan Belarus dilarang tampil di turnamen Grand Slam itu karena invasi Moskow ke Ukraina.

Baca juga: Naomi Osaka Mundur Dari Wimbledon

Namun, juru bicara All England Club mengaku tidak berdaya mencegah Dzalamidze tampil karena masalah perubahan kewarganegaraan adalah urusan Asosiasi Tenis Putri (WTA) dan Federasi Tenis Internasional (ITF).

"Kewarganegaraan seorang pemain adalah hal yang diatur oleh penyelenggara tur dan ITF," ujar juru bicara itu.

Keputusan Wimbledon untuk melarang petenis asal Rusia dan Belarus memicu reaksi keras dari dunia tenis dengan WTA dan ATP mencoret poin yang diperebutkan dari turnamen tersebut.

Grand Slam lain juga tidak mengikuti langkah Wimbledon dengan Amerika Serikat (AS) Terbuka memastikan petenis Rusia dan Belarus bisa bertanding di turnamen Grand Slam itu asal bermain di bawah bendera netral.

Akibat larangan di Wimbledon itu, petenis nomor satu dunia Daniil Medvedev dan juara dua kali Victoria Azarenka dipastikan absen. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT