15 June 2022, 15:20 WIB

Lolos ke 16 Besar Indonesia Terbuka 2022, Bukti Konsistensi Praveen/Melati


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
 ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Pebulu tangkis ganda campuran Indonesia Praveen Jordan (kiri) dan Melati Daeva Oktavianti melakukan selebrasi

PASANGAN ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menjaga asa Indonesia di sektor ganda campuran, pada turnamen bulu tangkis Indonesia Terbuka 2022, Rabu (15/6).

Melakoni pertandingan di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Praveen/Melati lolos ke babak 16 besar usai memetik kemenangan atas pasangan Skotlandia, Adam Hall/Julie Macpherson, dalam pertandingan dua set langsung 21-6 dan 21-18.

Ditemui usai pertandingan, pasangan peringkat lima dunia itu menyatakan kemenangan ini menjadi pembuktian untuk mereka berdua bahwa mereka masih mampu bersaing, setelah sempat mengalami penurunan performa pada akhir tahun lalu.

"Sejauh ini motivasi kita memang mau membuktikan bahwa kita memang masih bisa bersaing dengan yang lain. Kami juga mau membuktikan bahwa kami masih ada sampai sekarang di level saat ini," ucap Praveen, Rabu (15/6).

Seperti diketahui, performa Praveen/Melati sempat mengalami penurunan pada akhir tahu lalu. Dalam tiga turnamen mereka di Indonesia Masters, Indonesia Terbuka, dan BWF World Tour Finals, dalam rentang November-Desember 2021, mereka terhenti lebih awal.

Di Indonesia Masters 2021, perjalanan Praveen/Melati terhenti di putaran pertama, saat itu mereka dikalahkan pasangan India, Dhruv Kapila/Reddy N Sikki dengan skor 11-21 dan 20-22.

Di Indonesia Terbuka 2021, Praveen/Melati hanya mampu mencapai babak 16 besar, setelah ditumbangkan pasangan Denmark, Mathias Christiansen/Alexandra Boje dalam pertandingan dua set langsung 23-21 dan 21-14.

Baca juga: Gregoria Mariska tersingkir di Putaran Pertama Indonesia Terbuka

Akiibat penampilan buruk mereka tahun lalu, pasangan ganda campuran nomor satu Indonesia itu harus didepak dari pemusatan latihan nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Hal itu membuat mereka harus melewati karir profesional di bawah naungan Perkumpulan Bulu Tangkis Djarum (PB Djarum).

"Dibanding tahun lalu, saat ini komunikasi kami sudah jauh lebih bagus dan itu yang paling penting buat kami," terang Praveen saat ditanya terkait komunikasinya dengan Melati yang sempat bermasalah.

Menjadi satu-satunya wakil Indonesia di sektor ganda campuran yang melaju ke babak 16 besar, selanjutnya Praveen/Melati akan menghadapi pasangan Malaysia, Chen Tang Jie/Valerre Siow.

Itu akan menjadi pertemuan pertama bagi kedua pasangan. Di atas kertas, Praveen/Melati tentu jauh lebih diunggulkan untuk menang, di mana lawan mereka merupakan pasangan peringkat 661 dunia.

"Target pribadi memang kami di setiap pertandingan ingin memberikan yang terbaik saja, jadi hasilnya pasti nanti bakal ngikutin. Yang penting kami harus memberikan performa yang terbaik," tukas Praveen.(OL-5)

BERITA TERKAIT