03 June 2022, 14:04 WIB

Greysia Polii Umumkan Pensiun Sebagai Atlet Bulu Tangkis


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

Antara
 Antara
Peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii, berpose setiba di Bandara Soekarno-Hatta.

PEBULU TANGKIS spesialis ganda putri Indonesia, Greysia Polii, mengumumkan bahwa dirinya akan segera pensiun sebagai atlet bulu tangkis. 

Peraih medali emas Olimpiade 2020 Tokyo itu menyatakan dirinya akan secara resmi gantung raket pada 12 Juni di perhelatan Indonesia Masters 2022.

Dalam konferensi pers pada Jumat (3/6) ini, Greysia mengungkapkan tahun ini merupakan saat yang tepat untuk dirinya berhenti sebagai atlet bulu tangkis. Apalagi, setelah berkiprah selama 30 tahun di dunia bulu tangkis. 

Baca juga: Greysia Polii Terpilih Sebagai Ketua Komisi Atlet BWF

Pada durasi 19 tahun di antaranya, Greysia berjuang sebagai atlet nasional. Tepatnya, di bawah bimbingan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Atlet berusia 34 tahun itu mengatakan dirnya sudah ingin pensiun sejak 2012 lalu. 

Namun, dia mengurungkan niat tersebut, karena melihat bulu tangkis Indonesia, khususnya sektor ganda putri, masih membutuhkan sosok senior untuk membantu perkembangan atlet junior.

"Saya pernah ada pada posisi di mana bulu tangkis putri indonesia, khususnya ganda putri, di masa lagi banyak gejolak, seniornya tidak ada, seniornya banyak yang menikah, keluar dan sebagainya," tutur Greysia.

Baca juga: Picu Semangat Tim Piala Uber Indonesia, Greysia Polii Ikut Berlatih

"Saya merasa waktu itu kehilngan arah. Saat itu saya merasa kita butuh sekali sosok senior, karena senior itu penting untuk membimbing junior," imbuhnya.

Meski Greysia menyatakan akan pensiun sebagai atlet, namun dirinya menegaskan bahwa rasa cinta terhadap olahraga tepuk bulu tidak akan berhenti. Dia mengaku siap untuk terus membantu perkembangan bulu tangkis Indonesia.

Greysia bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa di masa mendatang, dirinya bisa menjadi pelatih dan membantu PBSI untuk terus mengembangkan atlet bulu tangkis Indonesia.

Baca juga: Cedera Betis Bikin Greysia/Apriyani Mundur dari All England 2022

Dalam kesempatan yang sama, PBSI yang diwakili Ketua Harian, Alex Tirta, mengucapkan terima kasih kepada Greysia atas waktu, dedikasi, perjuangan dan prestasinya untuk bulutangkis Indonesia.

"Selama menjadi pemain Greysia telah menjalani asam garam perjalanan karir. Ujian berat pernah menghadangnya, tetapi dia tidak berhenti dan putus asa. Malah menjadi semangat dan motivasi untuk menggapai prestasi," ujar Alex.

Pihaknya pun berpesankepada Greysia untuk selalu mencintai bulu tangkis. Sekalipun Greysia sudah tidak lagi menjadi seorang atlet. Perpisahan Greysia di Indonesia Masters 2022 akan dikemas secara khusus, termasuk dimeriahkan musisi Raisa.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT