03 June 2022, 07:35 WIB

Besok Tegal Criterium 2022 Dihelat, 300 Pembalap Siap Bertarung


Supardji Rasban | Olahraga

MI/Supardji Rasban
 MI/Supardji Rasban
Ajang balap sepeda yang pernah digelar di alun-alun Tegal.

KOTA Tegal Jawa Tengah, terpilih menjadi tempat digelarnya Kejuaraan Nasional Balap Sepeda Usia Dini Tegal Criterium 2022, yang bakal berlangsung besok, Sabtu (4/6) pagi. Kejuaraan yang dikonsep open turnamen tersebut bakal diikuti 300 peserta dari berbagai daerah, termasuk
pembalap-pembalap luar negeri dan atlet balap sepeda ternama.

Pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Tegal Ari Ardian saat Konferensi Pers di Premiere Hotel, Kamis (2/6) sore, menyampaikan kejuaraan nasional balap sepeda usia ini akan dilaksanakan Sabtu (4/6) mulai pukul 07.00 di Alun-alun Kota Tegal.

"Berbagai persiapan sudah dilakukan panitia, dari mulai perijinan dan pengamanan yang melibatkan Polres Tegal Kota, Satpol PP Kota Tegal dan Dinas Perhubungan Kota Tegal, " ujar Ari.

Gelaran kompetisi tersebut sudah disebarkluaskan ke daerah-daerah, dan rencananya akan diikuti 300 peserta dari berbagai daerah, termasuk kehadiran Aiman Cahyadi salah satu atlet balap sepeda ternama dan pebalap dari Malaysia akan turut serta berlaga.

Ari menuturkan, tujuan diadakannya kejuaraan tersebut adalah untukmemberikan kesadaran masyarakat akan pentingnya olahraga dengan bersepeda, mencari bibit-bibit atlit baru sebagai persiapan untuk ajang kompetisi Porprov tahun depan, sekaligus untuk mengenalkan Kota Tegal sebagai destinasi wisata olahraga.

Pengurus ISSI Provinsi Jateng Satmoko menyebut kejuaraan balap sepeda itu dikonsep dengan open turnamen. Jadi bisa diikuti peserta dari mana saja dan dari berbagai usia dari anak hingga dewasa. "Untuk kategori yang ditandingkan dari mulai BMX putra putri dari usia 5 sampai 12 tahun, kategori road bike putra putri dari usia 13 sampai 45 tahun, kategori road bike putra diatas usia 46 tahun, dan kategori road bike lokal wilayah Kota Tegal, " papar Satmoko.

Sesuai dengan judulnya yakni criterium, maka seluruh peserta yang bertanding beradu cepat dengan memutari Alun-alun Kota Tegal. "Saya berharap dengan adanya kejuaraan balap sepeda akan menggairahkan olahraga sepeda di Kota Tegal, "jelas Satmoko. (OL-13)

Baca Juga: LeBron James Resmi Berstatus Miliarder

BERITA TERKAIT