24 May 2022, 14:38 WIB

Jelang FIBA Asia Cup, Timnas Basket RI Wajib Naik Level


Dhika Kusuma Winata | Olahraga

Antara
 Antara
Pebasket Indonesia Brandon Jawato berusaha melewati hadangan pebasket Filipina.

SEJARAH menyabet medali emas yang diraih timnas basket putra Indonesia di SEA Games Vietnam menjadi modal dalam menatap FIBA Asia Cup 2022. 

Timnas pun mencanangkan wajib naik level dari penampilan di Vietnam. Dalam hal ini, untuk menghadapi lawan yang jauh lebih tangguh di kancah Asia.

"Medali emas ini menjadi bensin dan meningkatkan kepercayaan diri buat anak-anak. Belum selesai di sini, tapi kita sudah ada modal yang sangat baik," ujar manajer timnas basket, Jeremy Santoso, Selasa (24/5).

Baca juga: Tim Basket RI Cetak Sejarah di SEA Games Vietnam

Jeremy menegaskan bahwa negara yang dihadapi di FIBA Asia Cup akan lebih tinggi levelnya. Oleh karena itu, penampilan apik di Vietnam perlu ditingkatkan lagi.

Timnas akan mempersiapkan diri dengan rencana menggelar pemusatan latihan (TC) dan uji coba di Australia pada 9 Juni-24 Juni. Sebagian besar susunan pemain SEA Games akan dipertahankan, karena menjadi skuad terbaik dan sudah membangun chemistry yang apik.

Baca juga: Menpora Sebut Keberhasilan Indonesia di SEA Games Sesuai Harapan

Menurutnya, tidak banyak perubahan banyak dan hanya memasukkan beberapa pemain muda. Sebanyak 16 pemain nantinya dibawa ke Australia untuk menjalani pemusatan latihan dan finalisasi roster.

Di ajang FIBA Asia, Indonesia di Grup A bersama juara bertahan Australia, lalu Arab Saudi dan Yordania. Indonesia menargetkan untuk lolos dari fase grup dan masuk delapan besar demi meraih tiket ke FIBA World Cup 2023.

"Kita harus tahu FIBA Asia ini lawannya levelnya jauh tinggi. Makanya kita lakukan training camp di Australia, yang peringkatnya di Asia tinggi, bahkan di dunia," pungkas Jeremy.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT