23 May 2022, 11:30 WIB

Spoelstra Puji Keberhasilan Adebayo Gantikan Peran Butler


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/Elsa/Getty Images
 AFP/Elsa/Getty Images
Pemain Miami Heat Bam Adebayo

PELATIH kepala Miami Heat Erik Spoelstra menyebut Bam Adebayo sukses menggantikan peran Jimmy Butler saat timnya mengalahkan Boston Celtics 109-103 di Gim 3 Final Wilayah Timur NBA di TD Garden, Massachussetts, Minggu (22/5) WIB.

Butler tidak bisa menuntaskan pertandingan dan harus menepi sejak awal kuarter ketiga karena menderita cedera peradangan lutut kanan.

"Dia melakukan versinya sendiri atas apa yang biasanya Jimmy lakukan, melakukan yang diperlukan untuk pertandingan," kata Spoelstra selepas pertandingan dikutip dari situs resmi NBA, Minggu (22/5).

Baca juga: Adebayo Pimpin Heat Bakar Celtics di Gim 3

Di tengah absennya Butler, Adebayo mengambil alih peran sebagai penampil terbaik Heat lewat torehan 31 poin, 10 rebound, enam assist, dan empat steal, demi membantu timnya meraih keunggulan seri 2-1 atas Celtics.

"Malam ini, kami membutuhkan poin dan memerlukan agresivitas serangan sejak dini. Lalu, ketika Jimmy keluar di babak kedua, dia (Adebayo) menstabilkan kami," ujar Spoelstra.

"Keadaan menjadi sedikit lebih buruk di luar sana dan ketika itu terjadi, kami bisa mengirim bola ke Bam dan mendapatkan sesuatu yang koheren," tambahnya.

Adebayo mengakui ia dan rekan-rekannya mendapat tamparan keras atas hasil di Gim 2, dua hari sebelumnya, ketika Heat kalah telak 102-127 dari Celtics.

"Pada pertandingan sebelumnya, seperti semua orang saksikan, mereka 'memukuli' kami seperti pencuri," kata Adebayo.

"Itu seharusnya menampar semua orang. Kalah telak di kandang sendiri seperti itu, mengatakan segalanya," lanjutnya.

Heat belum mengungkapkan kondisi Butler dan Spoelstra mengaku belum mendapatkan kabar terbaru mengenai bintangnya tersebut.

Terlebih lagi, di Gim 3, Heat juga harus memaksakan PJ Tucker bermain dalam kondisi masih melawan rasa sakit di lututnya, sedangkan Kyle Lowry kembali untuk pertama kalinya sejak absen empat pertandingan karena dibekap cedera hamstring.

"Saya tidak memiliki kabar terbaru tentang siapapun. Kami hanya akan berusaha kembali ke gua kami, bekumpul kembali, dan mungkin saya akan memiliki informasi baru besok," ujar Spoelstra.

Gim 4 akan kembali dimainkan di TD Garden, Rabu (24/5) WIB. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT