22 May 2022, 20:43 WIB

Tim Basket RI Cetak Sejarah di SEA Games Vietnam


Akmal Fauzi | Olahraga

Antara
 Antara
Pebasket Indonesia berselebrasi seusai mengalahkan wakil Filipina di SEA Games 2021.

TIM bola basket Indonesia berhasil menciptakan sejarah dengan meraih medali emas di SEA Games 2021 Vietnam. 

Ini menjadi medali emas pertama yang diraih pada ajang multicabang terakbar se-Asia Tenggara, sejak keikutsertaannya pada 1997.

Pada laga terakhir pertandingan dengan format round robin di Thanh Tri Gynmasium, Minggu (22/5), Indonesia menang 85-81 dari raja basket Asia Tenggara, Filipina.

Baca juga: Apriyani/Fadia Raih Medali Emas SEA Games

Indonesia berhasil meraih medali emas, karena menempati posisi puncak babak grup yang menggunakan sistem round robin dengan torehan 12 poin. Tim Merah Putih mengungguli Filipina yang menempati posisi kedua dengan 11 poin.

Sistem round robin mempertemukan setiap tim/negara. Adapun jumlah peserta basket ada enam negara, yakni Indonesia, Filipina, Thailand, Kamboja, Malaysia dan Vietnam. 

Baca juga: Shin Optimistis Indonesia Bisa Menangkan Medali Perunggu

Indonesia tidak pernah kalah dalam melawan lima negara tersebut. Penentuan medali emas tercipta pada laga penutup melawan Filipina.

Hasil ini membuat Indonesia untuk pertama kalinya merebut medali emas sepanjang partisipasi di ajang SEA Games. Sebelumnya, prestasi terbaik Indonesia ialah empat kali meraih medali perak dan tiga medali perunggu.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT