22 May 2022, 16:20 WIB

Rerie: Pembinaan Olahraga Harus Konsisten


Dhika Kusuma Winata | Olahraga

Antara
 Antara
Pelari Indonesia Odekta Elvina Naibaho saat memenangi kompetisi di SEA Games Vietnam.

WAKIL Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Lestari Moerdijat mendorong perbaikan tata kelola pembinaan olahraga, agar dilakukan konsisten demi meningkatkan prestasi. Serta, menghasilkan atlet yang unggul.

"Bidang olahraga mampu menghidupkan kembali semangat ke-Indonesia-an kita. Untuk membantu negeri bangkit dari keterpurukan, penting untuk mencetak atlet unggul di berbagai cabang olahraga," ujar Rerie, sapaan akrabnya, lewat keterangan resmi, Minggu (22/5).

Hal itu disampaikannya berkaitan dengan posisi Indonesia pada ajang SEA Games 2021 Vietnam. Target 72 medali emas yang dicanangkan jelang penutupan belum tercapai. Posisi kontigen Indonesia saat ini di peringkat tiga pengumpul medali emas terbanyak.

Baca juga: Shin Optimistis Indonesia Bisa Menangkan Medali Perunggu

Pihaknya menegaskan bahwa prestasi olahraga nasional penting sebagai wahana menggelorakan semangat kebangsaan. Kebanggaan atas supremasi olahraga nasional di kancah regional bakal meningkatkan pemahaman terhadap nilai kebangsaan.

Menurutnya, olahraga nasional harus mampu menerapkan sistem pembinaan yang baku, berkelanjutan dan terukur, agar selalu mampu mengukir prestasi. Pembinaan calon atlet nasional sebagai regenerasi pun harus dilakukan sejak dini.

Baca juga: All Indonesian Final, Ganda Putra Pastikan Satu Emas untuk Kontingen Garuda

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mengingatkan tata kelola pembinaan calon atlet nasional harus benar-benar mendapat dukungan penuh. Baik dari para pemangku kepentingan, maupun masyarakat di tingkat pusat dan daerah.

Dengan jaminan tata kelola yang baik dalam pembinaan calon atlet, potensi olahragawan dan olahragawati yang dimiliki Indonesia bisa segera terangkat.

Indonesia dengan populasi lebih dari 278 juta jiwa, sepatutnya menjadi modal bagi bangsa. Dalam hal ini, jika mampu menerapkan tata kelola yang baik dalam pembinaan olahraga nasional.(OL-11)

BERITA TERKAIT