20 May 2022, 11:18 WIB

Djokovic Berpeluang Bertemu Nadal di Perempat Final Prancis Terbuka 2022


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

AFP/ANNE-CHRISTINE POUJOULAT
 AFP/ANNE-CHRISTINE POUJOULAT
Pertemuan antara Petenis Serbia Novak Djokovic dan Petenis Spanyol Rafael Nadal

UNDIAN babak utama Prancis Terbuka 2022 telah dirilis pihak penyelenggara, Jumat (20/5) WIB. Dalam undian tersebut, para petenis akan memulai pertarungan dari babak 128 besar, dengan pertandingan yang dijadwalkan dimulai pada 22 Mei.

Di nomor tunggal putra, juara bertahan Novak Djokovic dan rival utamanya Rafael Nadal berpeluang bertemu di babak perempat final. Hal itu dapat terwujud bila kedua petenis mampu melewati empat pertandingan sebelumnya.

Memiliki kesempatan untuk tampil di grand slam pertamanya musim ini, setelah gagal mengikuti Australia Terbuka pada bulan Januari akibat status vaksinasi covid-19, Djokovic termotivasi untuk memainkan tenis terbaiknya di Roland Garros.

"Saya sangat termotivasi untuk memainkan tenis terbaik saya," kata Djokovic dalam konferensi pers Prancis Terbuka 2022, Jumat (20/5).

"Di Paris, saya selalu bermain sangat kuat. Tahun lalu, itu adalah turnamen mayor terberat yang saya menangkan," jelasnya.

Di babak semifinal, pertarungan sengit berpeluang terjadi, petenis muda Spanyol Carlos Alcaraz Garfia berpeluang menghadapi antara Djokovic atau Nadal.

Pertemuan itu tentu akan menjadi menarik, pasalnya dalam pertemuan sebelumnya di Madrid Terbuka 2022, Alcarz secara mengejutkan berhasil menumbangkan Djokovic di semifinal dan menjungkalkan Nadal yang merupakan idolanya di babak perempat final.

Namun sebelum sampai di babak perempat final dan semifinal, Djokovic terlebih dahulu akan memainkan pertandingan pembuka melawan petenis Jepang Yoshihito Nishioka. Itu akan menjadi pertemuan ketiga bagi Djokovic dan Nishioka. Dalam dua pertemuan sebelumnya di Davis Cup 2019 dan Australia Terbuka 2020, Djokovic berhasil menang dalam pertarungan stright set.

Sementara Rafael Nadal akan memulai pertandingan pertamanya di Roland Garros dengan menghadapi petenis Australia Jordan Thompson, yang mana itu akan menjadi pertemuan kedua mereka. Pada pertemuan terakhir Nadal dengan Thompson, petenis Spanyol itu berhasil menumbangkan Thompson di babak 16 besar ATP Master 100 Paris pada 2020.

Untuk Alcaraz, petenis berusia 19 tahun itu nampaknya akan mengawali perjalanannya di Prancis Terbuka dengan mudah. Dia dijadwalkan bertemu salah satu petenis kualifikasi.

Baca juga:  Rafael Nadal Jalani Latihan Perdana di Prancis Terbuka

Di sisi lain, berbicara pada konferensi pers, Djokovic mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kembalinya para penggemar di Roland Garros. Petenis Serbia itu mengaku senang dapat melihat tribun penonton kembali penuh.

Bagi Djokovic, para penggemarnya merupakan faktor penting dalam karirnya, dikatakan oleh Djokovic, para penggemar lah yang membuat dia bertahan di tenis profesional sampai saat ini.

"Sangat luar biasa melihat itu (penggemar) karena Anda dapat melihat betapa mereka merindukan tenis, betapa mereka bersemangat dan mencintai olahraga ini. Dan tentu saja bagi kami seorang pemain, itu perasaan yang luar biasa untuk kembali memiliki penggemar di tribun," ucap Djokovic.

"Khususnya bagi saya, pada tahap karir saya saat ini, mereka adalah salah satu faktor utama mengapa saya masih bermain tenis profesional dan mengapa saya masih bersaing. Energi yang Anda dapatkan dari penggemar, kegembiraan mereka adalah sesuatu yang sangat penting bagi kami," jelasnya.(AFP/ATP/OL-5)

BERITA TERKAIT