18 May 2022, 16:03 WIB

Alcaraz Berambisi Raih Grand Slam Pertama di Roland Garros


Dhika Kusuma Winata | Olahraga

AFP/Oscar Del Pozo
 AFP/Oscar Del Pozo
Carlos Alcaraz

BINTANG muda Spanyol Carlos Alcaraz berhasrat meraih gelar Grand Slam pertamanya di ajang Prancis Terbuka 2022 atau Roland Garros yang akan mulai digelar akhir pekan ini.

Petenis 19 tahun itu menyatakan tak takut bersaing dengan juara bertahan Novak Djokovic dan jawara turnamen tanah liat yang juga idolanya Rafael Nadal.

"Saya tidak takut untuk mengatakan siap memenangi Grand Slam. Secara fisik saya merasa sangat baik, saya kuat secara mental. Saya pemain yang kuat dan pada akhirnya itulah yang diperlukan untuk menjuarai Grand Slam," ucap Alcaraz.

Alcaraz menuju Roland Garros berstatus peringkat keenam dunia. Bergantung pada hasil undian nantinya, dia berpotensi bertemu Nadal di delapan besar dan Djokovic di semifinal.

Baca juga: Djokovic Sebut Alcaraz Salah Satu Favorit Juara Prancis Terbuka

Alcaraz mendapat modal penting di musim ini sudah menjuarai empat turnamen yang tiga di antaranya lapangan tanah liat. Termasuk ketika menjuarai gelar Masters 1000 keduanya tahun ini di Madrid Terbuka menyingkirkan Nadal, Djokovic, dan Alexander Zverev.

"Saya jelas tentang impian saya yaitu menjadi nomor satu dunia dan tidak peduli berapa banyak turnamen datang, tidak peduli berapa banyak hal yang datang sekarang, saya masih belum berhasil menjadi nomor satu," ujarnya.

Petenis muda lainnya Stefanos Tsitsipas (Yunani) juga diperkirakan akan menjadi pesaing di Roland Garros.

Dia baru saja tembus ke final Italia Terbuka 2022. Meski kalah kalah dari Djokovic di final, petenis 23 tahun itu kini naik peringkat ke posisi empat dunia. Tsitsipas pun menyadari Alcaraz dan Djokovic akan lebih diunggulkan.

"Saat ini Carlos Alcaraz atau Novak Djokovic mereka berdua bermain hebat. Saya akan menempatkan mereka sebagai favorit. Saat ini saya perlu meningkatkan permainan," ucapnya.(La Nacion/Eurosport/ATP/OL-5)

BERITA TERKAIT