11 May 2022, 23:25 WIB

Pesan Keberagaman Akan Ditampilkan Kontingen Indonesia di Pembukaan SEA Games Vietnam


Akmal Fausi | Olahraga

Antara/Hafidz Mubarak A
 Antara/Hafidz Mubarak A
Momen pelepasan kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam di Istana Negara, beberapa waktu lalu

KONTINGEN Indonesia akan menampilkan keberagaman budaya di acara pembukaan SEA Games 2021, Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Kamis (12/5). 

Ada 30 atlet dan ofisial yang akan mengikuti defile dengan seragam kasual merah putih. Mereka juga akan mengenakan atribut khas daerah Indonesia. Semetara atlet atletik Tanah Air, Emilia Nova ditunjuk sebagai flag bearer atau pembawa bendera. 

"Jadi kami ingin menunjukan ikon keberagaman Indonesia. Nanti masing-masing atlet pakai atribut seperti topi atau ikat kepala khas daerah. Saya sendiri akan gunakan pakaian adat Gorontalo," kata Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry Kono kepada Media Indonesia, Rabu (11/5). 

Pesta pembukaan SEA Games 2022 digelar mulai pukul 19.00 WIB. Mengutip laman resmi SEA Games 2021, sejumlah teknologi rencananya akan digunakan dalam acara tersebut. Seperti mapping, AR (augmented reality), dan EX (extended reality). Selain itu, juga ada gambar grafis simbol 40 cabor yang dilukiskan melalui karya Dong Ho atau kerajinan tradisional Vietnam.

Baca juga : SEA Games Vietnam : Raihan Emas Kontingen Indonesia Sudah Diprediksi

Rangkaian acara diawali dengan upacara pengibaran bendera Vietnam, kemudian pentas seni, dan diikuti parade masing-masing negara peserta.

SEA Games tahun ini mengusung tema "For a Stronger Southeast Asia", yang menggambarkan harapan Vietnam agar kawasan ASEAN bisa tumbuh semakin kuat serta segera bangkit usai pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, SEA Games kali ini seharusnya dihelat tahun 2021 lalu. Akan tetapi, SEA Games di Vietnam baru bisa digelar Mei 2022 karena mengalami penundaan sebagai dampak pandemi Covid-19. (OL-7)

BERITA TERKAIT