10 May 2022, 08:45 WIB

Djokovic Sebut Alcaraz Salah Satu Favorit Juara Prancis Terbuka


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/OSCAR DEL POZO
 AFP/OSCAR DEL POZO
Petenis Spanyol Carlos Alcaraz

NOVAK Djokovic, Senin (9/5), menyebut Carlos Alcaraz sebagai pemain terbaik musim ini dan mengklaim pemain remaja Spanyol itu salah satu favorit juara Prancis Terbuka.

Djokovic kalah dari Alcaraz di semifinal Madrid Terbuka, pekan lalu. Dia melontarkan pujian untuk petenis berusia 19 tahun saat konferensi pers menjelang Italia Terbuka.

Alcaraz menjadi juara di Madrid Terbuka dengan mengalahkan Rafael Nadal, Djokovic, dan kemudian Alexander Zverev di laga final.

Baca juga: Alcaraz tegaskan Tekad Jadi Juara Prancis Terbuka

Alcaraz menjadi petenis termuda sejak ATP Tour dimulai pada 1990 yang berhasil mengalahkan tiga petenis lima besar dunia di turnamen yang sama.

"Sejauh ini, dia adalah pemain terbaik di dunia pada tahun ini dengan melihat hasil-hasil yang dibukukannya," ujar Djokovic.

"Cara dia mengatasi tekanan saat kami bertanding, beberapa hari lalu, sungguh luar biasa. Dia memang layak menjadi juara," lanjutnya.

Alcaraz mencapai peringkat tertingginya, peringkat enam dunia, pada Senin (9/5), dan kini membukukan rekor kemenangan terbanyak pada thaun ini dengan 28 kemenangan dan hanya tiga kali kalah sepanjang 2022.

Petenis berusia 19 tahun itu mencatatkan tujuh kemenangan dari petenis peringkat 10 besar dunia pada musim ini, lebih banyak dari petenis mana pun.

Alcaraz memilih absen di Italia Terbuka agar bisa memulihkan diri untuk tampil di Prancis Terbuka.

"Permainan dia sangat mengagumkan, Dia adalah pemain yang lengkap, baik saat menyerang maupun bertahan. Di Roland Garros, saya rasa dia adalah salah satu favorit," pungkas Djokovic. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT