05 May 2022, 14:26 WIB

Aprilia Racing, Penantang Baru untuk Gelar Juara MotoGP 


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

AFP
 AFP
Pembalap dari tim Aprilia Racing saat berlaga di MotoGP.

KESUKSESAN pembalap Aleix Espargaro dalam perjalanannya di enam seri balapan MotoGP musim ini, membawa tim Aprilia Racing menjadi penantang baru untuk gelar juara MotoGP 2022.

Dalam enam balapan yang telah dilakukan sepanjang musim 2022, Espargaro tercatat tiga kali naik podium, yakni GP Argentina, GP Portugal dan GP Spanyol). Capaian tertinggi diraihnya saat menjadi tercepat di GP Argentina.

Tampil luar biasa dalam enam seri balapan yang telah digelar, pembalap veteran berusia 32 tahun itu kini menduduki posisi kedua di puncak klasemen. Dia hanya berjarak 7 poin dari pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo (Yamaha).

Baca juga: Jorge Lorenzo Dinobatkan Sebagai Legenda MotoGP

Dengan pencapaian tersebut, Espargaro menyatakan Aprilia Racing kini telah menjadi salah satu penantang titel MotoGP 2022. Pihaknya pun berharap dapat terus konsisten hingga balapan terakhir di Valencia.

"Saya mulai bermimpi di Qatar dan saya akan mencoba untuk tetap bermimpi. Saya tidak akan bangun sampai Valencia," pungkas Espargaro, dikutip dari Motorsport, Kamis (5/5).

"Kami melakukan pekerjaan yang hebat. Kami tahu bahwa perasaan yang saya miliki dengan Fabio, adalah kami tidak benar-benar memiliki kecepatan. Kuncinya tahun ini adalah konsistensi," imbuhnya.

Baca juga: Gim Video MotoGP 22 Hadirkan Nostalgia Musim 2009

Sayangnya, keberhasilan podium di GP Spanyol berarti bahwa Aprilia resmi kehilangan konsesi. Tim yang dikomandoi Romano Albesiano ini pun tak lagi mendapat keistimewaan. Seperti, jatah mesin, kebebasan tes, serta pengembangan mesin.

Meski harus kehilangan hak istimewa tersebut, Espargaro percaya timnya masih dapat tampil maksimal. Apalagi jika melihat kinerja bagus RS-GP dalam beberapa balapan terakhir.

"Saya pikir jika kami berada pada balapan keenam dan kami (selisih) tujuh poin dari pemimpin klasemen, itu menandakan motor bekerja dengan baik," tuturnya.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT