04 May 2022, 12:45 WIB

Audi dan Porsche akan Gabung dengan Formula 1


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/ANDREJ ISAKOVIC
 AFP/ANDREJ ISAKOVIC
Aksi para pembalap Formula 1 di GP Emilia Romagna di Sirkuit Imola, Italia.

KEPALA Eksekutif Volkswagen Herbert Diess mengatakan merek premium mereka, Audi dan Porsche, akan bergabung dengan Formula 1.

Diess mengatakan, dewan direksi telah berdiskusi dan membentuk beberapa divisi untuk persiapan kedua merek tersebut di ajang balap mobil kelas tertinggi itu.

Menurut laporan CarsCoops, dikutip Rabu (4/5), keputusan bergabungnya Audi dan Porsche di Formula 1 diambil arena olahraga tersebut semakin populer di seluruh dunia.

Baca juga: Jelang GP Miami, Mercedes Klaim Telah Temukan Arah Perbaikan

Selain itu, adanya aturan baru di Formula 1 yang akan berlaku pada 2026, yang mengharuskan seluruh mobil balap Formula 1 menggunakan bahan bakar ramah lingkungan. Aturan tersebut, membuat Audi dan Porsche dapat kompetitif di ajang tersebut.

Adapun rencana VW Group untuk keterlibatan mereka dengan Formula 1 adalah Porsche bermaksud membangun kemitraan jangka panjang dengan tim balap Red Bull. 

Porsche juga telah berinvestasi dalam teknologi ramah lingkungan sebagai alternatif masa depan untuk mobil sport mereka setelah elektrifikasi.

Melihat iklan Formula 1 yang tampak meyakinkan, Diess mengatakan Porsche akan mengurangi kegiatan balap lainnya dan lebih berkonsentrasi di ajang tersebut.

Sementara itu, Audi siap menawarkan 500 juta euro atau sekitar Rp7,6 triliun untuk membeli McLaren. Akuisisi tersebut kemungkinan akan memudahkan Audi memasuki Formula 1. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT