02 May 2022, 11:15 WIB

Rahmat Erwin Akhirnya Berlebaran dengan Keluarga


Basuki Eka Purnama | Olahraga

ANTARA/Hafidz Mubarak A
 ANTARA/Hafidz Mubarak A
Lifter Rahmat Erwin Abdullah berpose menggunakan official jersey untuk SEA Games 2021 saat peluncurannya di Jakarta.

LIFTER Indonesia Rahmat Erwin Abdullah akhirnya dapat merayakan IdulFitri bersama ibu dan ayahnya setelah beberapa tahun belakangan tidak dapat memperingati Hari Raya bersama keluarga karena harus menjalani pertandingan.

"Alhamdulillah, Lebaran tahun ini ada di Jakarta, ada ibu, ada bapak, soalnya yang lalu-lalu di luar negeri," kata Rahmat, yang ditemui beberapa waktu lalu di Jakarta.

"Beberapa tahun ini ada di luar negeri, ada juga enggak bisa pulang, waktu itu ibu enggak bisa ke sini juga karena covid-19, aku enggak bisa ke Makassar juga," lanjutnya.

Baca juga: SEA Games Kian Dekat, Atlet Diminta tidak Mudik Lebaran

Rahmat, yang merupakan anak tunggal, mengungkapkan tidak menuntut banyak untuk dibuatkan makanan meski Lebaran tahun ini ditemani sang ibu. Dia juga mengatakan tidak memiliki tradisi khusus bersama keluarga.

"Bareng keluarga saja. Ibu aku ke sini dia santai saja, enggak mau ngerepotin," ucap peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu.

Meski begitu, Rahmat mengaku merindukan semprong dan kue kering putri salju, yang menjadi kudapan favorit saat Lebaran.

Namun, pada Lebaran saat ini, dia tidak dapat memakan penganan favoritnya itu karena harus mempersiapkan diri untuk bertanding di SEA Games Vietnam, yang akan berlangsung pada 12-23 Mei.

"Lagi diet nih, (kelebihan) empat kilogram," kata Rahmat.

Demi mengurangi bobot tubuhnya, Rahmat berusaha menjaga makanan dengan mengonsumsi banyak protein, seperti daging dan telur, juga sayur mayur.

"Enggak usah makan sembarang saja sih kuncinya, makan juga dikurangi... Nasi bukannya dihindari banget, tapi mending diganti sama protein," ujar lifter berusia 21 tahun itu.

"Untuk Lebaran kali ini no jajan-jajan. Santai saja, beberapa tahun kemarin juga turunin berat badan soalnya pertandingan di luar negeri. Jadi sama saja santai, pulang masih bisa makan," imbuhnya.

Rahmat akan menghabiskan waktu bersama ibunya, yang akan kembali ke Makassar. Sementara, sang ayah, yang merupakan pelatihnya, akan menemaninya  bertanding di pesta olahraga tingkat Asia Tenggara. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT