29 April 2022, 10:40 WIB

Ambisi Besar Quartararo di MotoGP Spanyol


Dhika Kusuma Winata | Olahraga

AFP
 AFP
Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo selebrasi usai menang di MotoGP Portugal, Minggu (24/4/2022)

FABIO Quartararo dalam motivasi besar menghadapi seri balap Moto-GP Spanyol di Sirkuit Jerez akhir pekan ini, Minggu (1/5), usai sukses menang di Portugal. Rasa percaya dirinya pun berlipat ganda karena karakter trek Jerez cocok dengan Yamaha.

El Diablo, julukan Quartararo, kini memuncaki klasemen sementara dengan 69 poin usai meraih kemenangan perdana musim 2022 pada akhir pekan lalu. Kini dia ingin menjaga momentum untuk bisa bersaing dalam misi mempertahankan gelar musim ini.

"Di Portimao (Portugal) kami beruntung karena sirkuitnya cocok dengan motor kami. Jerez juga salah satu sirkuit yang bisa menunjukkan kekuatan kami jadi saya akan melakukan yang terbaik," ucap Quartararo.

Yamaha difavoritkan bakal lebih tangguh dari pabrikan lain di Jerez karena karakter tikungan cepat dan minim trek lurus panjang. Quartararo pun punya catatan apik menang dua kali secara beruntun pada 2020 untuk GP Spanyol dan GP Andalusia.

Pembalap asal Prancis itu juga selalu menguasai pole position di Jerez sejak musim debutnya 2019. Pada musim lalu, Quartararo mengalami masalah pada lengannya dan hanya sanggup finis di urutan ke-13. Meski begitu, dia tetap mampu mencatatkan putaran tercepat.

"Tahun lalu saya bisa saja menang jika tidak ada masalah pada lengan saya. Tahun ini saya akan mencobanya lagi," imbuhnya.

Di klasemen, Quartararo tak sendirian karena Alex Rins (Suzuki) yang di bawahnya juga mengoleksi poin yang sama. Rins yang sepanjang lima balapan musim ini belum mencatatkan kemenangan digadang bakal menjadi pesaing kuat di Jerez.

Di kubu Repsol Honda, Marc Marquez juga berusaha membidik kemenangan perdana musim ini di negaranya sendiri. Hasil tak menggembirakan di Portugal menjadi pelecut agar bisa lebih dekat lagi bersaing di barisan terdepan.

"Di Portimao kami terlalu jauh. Finis keenam tidak terlalu buruk tapi kami terlalu jauh dari posisi podium, dari kemenangan. Kami bersusah payah pada balapan di sana tapi di kami akan menemukan cara untuk bisa lebih cepat di Jerez," ujar juara dunia Moto-GP enam kali itu. (AFP/Crash/OL-13)

Baca Juga: Podium di Brescia Jadi Kado Lebaran Untuk Qarrar Firhand

BERITA TERKAIT