12 April 2022, 11:47 WIB

Comeback Wawrinka Tak Mulus, Tersingkir di Laga Pembuka


 Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

Valery HACHE / AFP
 Valery HACHE / AFP
Petenis Swiss Stanislas Wawrinka meninggalkan lapangan setekah kalah dari petenis Kazakhstan, Alexander Bublik, di Monte Carlo Masters. 

JUARA grand slam tiga kali, Stanislas Wawrinka, harus pulang lebih awal dalam comeback-nya di turnamen ATP Masters 1.000 Monte Carlo, yang berlangsung di Monte Carlo Country Club, Prancis, Senin (12/4) waktu setempat.

Wawrinka yang merupakan pemenang kejuaraan Monte Carlo edisi tahun 2014, kembali untuk pertama kalinya di kejuaraan ATP setelah 13 bulan absen.

Namun sayang dia harus kalah dari petenis Kazakhstan Alexander Bublik di putaran pertama dalam pertarungan tiga set 6-3, 5-7 dan 2-6.

Pada awal 2021, Petenis Swiss itu harus menepi karena cedera kaki kiri, yang memaksanya menjalani dua kali operasi pada tahun lalu.

"Saya masih jauh dari tempat yang saya inginkan, tetapi saya pikir saya (menuju) arah yang benar," kata Wawrinka terkait level permainan tenisnya, dikutip dari AFP, Selasa (12/4).

Baca juga: Djokovic Bersiap Memulai Pertarungan di Monte Carlo Masters

"Saya pikir hari ini adalah pertandingan yang positif. Itu adalah kekalahan yang sulit, tentu saja, tapi saya senang dengan cara saya bermain," lanjut Wawrinka yang lolos ke undian utama melalui jalur wild card.

Wawrinka menyebutkan, kondisi tubuhnya kini sudah jauh lebih baik. Meskipun gagal melangkah lebih jauh di Monte Carlo, namun dia mengaku senang dengan apa yang telah dirinya tampilkan.

"Kondisi tubuh saya sudah jauh lebih baik," ucap Wawrinka.

"Saya bermain lebih baik, dan merasa lebih baik di lapangan secara fisik. Saya menghabiskan banyak energi mental untuk tetap fokus pada permainan, untuk tetap di sana meskipun sulit pada akhirnya. Tapi saya senang dengan apa yang telah saya lakukan hari ini," jelasnya.

Mantan petenis peringkat tiga dunia itu turun ke peringkat 236 dunia setelah terakhir kali bermain pada tur ATP di Qatar, bulan Maret 2021 lalu.

Petenis Swiss itu mengambil langkah pertamanya kembali ke lapangan pada acara Challenger tingkat kedua di Marbella bulan lalu, tetapi langkahnya terhenti di babak pertama.

Adapun atas hasil itu, Bublik selanjutnya akan bertemu Pablo Carreno Busta (Spanyol) di putaran kedua, petenis Spanyol itu mengalahkan petenis kualifikasi asal Argentina Sebastian Baez 6-4, 4-6, dan 6-2 untuk lolos ke putaran kedua. (Rif/AFP/OL-09)

BERITA TERKAIT