10 April 2022, 18:03 WIB

Charles Leclerc Tercepat di GP Australia


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

AFP
 AFP
Pembalap tim Ferrari, Charles Leclerc, merayakan kemenangan di ajang Formula 1 GP Australia.

PEMBALAP Formula 1 (F1) dari tim Ferrari, Charles Leclerc, berhasil keluar sebagai yang tercepat dalam balapan Grand Prix (GP) Australia di Sirkuit Albert Park.

Memulai balapan dari pole position, pembalap asal Monako itu tampil sempurna, dengan memimpin sepanjang 58 laps balapan. Dia kemudian mengamankan kemenangan kedua kalinya pada musim ini. Catatan waktunya ialah 1 jam 27 menit 46.548 detik.

Pembalap Red Bull Sergio Perez berada di urutan kedua, dengan George Russell (Mercedes) berhasil finis di posisi ketiga. Adapun posisinya tepat di depan juara dunia tujuh kali, Lewis Hamilton, yang berada di urutan keempat.

Baca juga: Hulkenberg Ingin Kembali Tampil Reguler di Formula 1

Leclerc menunjukkan performa luar biasanya dalam tiga seri balapan F1 musim 2022. Pada GP Bahrain, dia juga berhasil menjadi yang tercepat. Sementara di GP Arab Saudi, dia menjadi yang tercepat kedua dengan jarak 0,549 detik dari Verstappen, yang berada di posisi pertama.

"Mobilnya luar biasa hari ini. Sungguh balapan yang luar biasa dan kecepatan yang luar biasa," tutur Leclerc seusai kemenangannya, Minggu (10/4).

Tampil menjanjikan di tiga balapan F1 2022, membuat Leclerc memimpin di puncak klasemen dengan 71 poin. Berbicara tentang kemungkinan dirinya keluar sebagai juara dunia untuk F1 2022, pembalap berusia 24 tahun mengaku optimistis.

Baca juga: Verstappen Tidak Puas dengan Performa Mobil Red Bull

"Jelas kami baru memiliki tiga balapan sehingga sulit untuk memikirkan gelar juara, tetapi kami memiliki mobil yang sangat kuat dan mobil yang andal," terangnya.

Dalam balapan, dua pembalap McLaren, yakni Lando Norris dan Daniel Riccardo, berhasil finis di urutan kelima dan keenam. Juara dunia F1 musim lalu, Max Verstappen, harus kembali gagal finis karena masalah teknis di lap ke-39.

Setelah merampungkan seri Australia, F1 selanjutnya akan mengawali tur Eropa pada dua pekan ke depan. Itu dengan memulai GP Emilia Romagna di Imola, Italia.(AFP/OL-11)
 

BERITA TERKAIT