03 April 2022, 13:30 WIB

Rebut Gelar Juara Miami Terbuka, Swiatek Raih Double Sunshine


 Akmal Fauzi | Olahraga

CHANDAN KHANNA / AFP
 CHANDAN KHANNA / AFP
Gaya selebrasi petenis Polandia Iga Swiatek setelah menumbangkan petenis Jepang Naomi Osaka di final Miami Terbuka 2002, Minggu (3/4). 

MUSIM manis Iga Swiatek berlanjut saat petenis yang akan menyandang status petenis putri nomor satu dunia itu merebut gelar WTA 1000 ketiganya secara berturut-turut.

Swiatek menang dua set langsung 6-4, 6-0 di final Miami Terbuka dengan mengalahkan petenis Jepang, Naomi Osaka, Minggu (3/4).

Prestasi itu menggenapi gelar Double Sunshine atau dua turnamen WTA 1000 di Amerika Serikat yang berlangsung secara beruntun di California dan Florida di musim yang sama.

Dengan gelar tersebut, Swiatek menjadi petenis putri keempat yang menjuarai turnamen Indian Wells dan Miami Terbuka secara beruntun.

Sebelumnya, gelar itu pernah diraih Victoria Azarenka pada 2016) Kim Clijsters (2005) dan Steffo Graf (1994, 1996).

Baca juga: Singkirkan Juara Bertahan, Alcaraz ke Final Miami Terbuka 2022

Swiatek juga memperpanjang rekor kemenangan beruntun menjadi 17 kali. Gelar ini sekaligus menyempurnakan akhir pekan juara Wimbledon 2021 itu yang bakal secara resmi dinobatkan menjadi petenis nomor satu dunia pada Senin.

"Saya hanya merasa sangat puas dan juga bangga dengan diri saya sendiri. Saya merasa harus merayakannya, karena saya tidak tahu berapa lama saya bisa mengikuti rekor ini,” kata Swiatek.

"Saya tahu sulitnya memainkan dua turnamen ini secara berturut-turut. Saya menyadari pada akhirnya ini hanyalah pertandingan lain dan saya menjalaninya selangkah demi selangkah,” jelasnya.

Sementara bagi Osaka, Miami Terbuka adalah final pertamanya sejak memenangkan Australia Terbuka 2021. Menurutnya laga itu menjadi titik balik mengembangkan konsistensi untuk kembali ke posisi puncak.

Mantan petenis nomor satu dan pemegang empat gelar grand slam itu secara terbuka berbicara tentang berjuang melawan depresi dan memperbaiki kesehatan mentalnya sejak memenangkan AS Terbuka 2018 atas Serena Williams . 

Petenis Jepang itu mengalami pasang surut emosi. Setelah menangis akibat diejek penonton saat kalah di Indian Wells, kali ini, Osaka tidak bisa berhenti bersenyum di Miami Terbuka.

"Saya ingin mendedikasikan yang satu ini untuk semua orang yang mendukung saya, penggemar saya," kata Osaka.

 "Aku tahu aku belum berada di posisi ini selama beberapa menit. Aku tahu ini bukan hasil yang kalian inginkan, tapi aku senang di sini," jelasnya. (Mal/Espn/OL-09)

BERITA TERKAIT