31 March 2022, 22:12 WIB

SBY Apresiasi Menpora dan Proliga 2022 yang Berjalan Sukses


mediaindonesia.com | Olahraga

dok.ant
 dok.ant
Pendiri Tim Bogor Lavani SBY (tengah) bersama sejumlah pebola voli dan tim ofisial Bogor Lavani setelah menjuarai Proliga 2022, di Sentul, M

PRESIDEN Republik Indonesia ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono memberi apresasi tinggi terhadap keberhasilan Proliga 2022. Pria yang akrab disapa SBY itu juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pemuda dan olahraga (Menpora), Zainudin Amali, yang memberi dukungan penuh sehingga liga voli tertinggi Tanah Air itu bisa terselenggara dengan baik.

Proliga sempat mengalami vakum akibat pandemi Covid-19. Setelah dua tahun, kompetisi akhirnya bisa kembali bergulir dengan sistem gelembung di Padepokan Voli Jendral Polisi Kunarto, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Setelah melewati rangkaian kompetisi, pemenang Proliga 2022 berhasil ditentukan. Di kategori putra, Bogor LaVani keluar sebagai pemenag. Sementara di kategori putri, Bandung BJB Tandamata menjadi kampiun.

Sebagai pembina Bogor LaVani, SBY bersyukur Proliga 2022 bisa bergulir dengan lancar. Diakui SBY, menyelenggarakan kompetisi olahraga di masa pandemi Covid-19 tidaklah mudah.

“Alhamdulillah, turnamen bola voli Proliga 2022 telah dirampungkan tadi malam. Atas nama klub bola voli LavAni, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kemenpora, PBVSI dan PT Proliga yang telah bekerja keras menggelar Proliga 2022,” ujar SBY, Kamis (31/3).

“Tentu keluarga besar LavAni bersyukur karena klub kami berhasil menjadi Juara Proliga 2022. Sungguhpun demikian, keenam klub bola voli yang mengikuti turnamen ini memiliki kemampuan yang relatif berimbang. Dalam Babak Penyisihan boleh dikatakan saling mengalahkan satu sama lain,” imbuhnya.

Keberhasilan Bogor LaVani keluar sebagai pemenang menjadi kejutan. Pendatang baru di Proliga tersebut mampu membuktikan diri bersaing dengan para tim elit.

Menpora Zainudin Amali turut memberikan pujian kepada Bogor LaVani yang mampu mendobrak tradisi juara di Proliga. Menpora berharap, langkah Bogor LaVani ini bisa menjadi pelecut kebangkita voli Indonesia.

“Kita bersyukur dan berbangga tahun ini Bogor LavAni sebagai pendatang baru menjadi juara, ini sebagai pertanda kalau pembinaannya sungguh-sungguh dan juga terlihat di dalam kerjasama tim yang baik maka hasilnya tidak akan membohongi proses. Saya berharap ini menjadi contoh yang baik buat klub-klub yang lainnya," ujar Menpora Zainudin Amali.

“Mudah-mudahan persaingan untuk kompetisi Proliga tahun depan semakin seru, semakin ketat dan akhirnya tim nasional kita yang akan terbentuk, yang lahir dari kompetisi Proliga adalah tim nasional yang tangguh dan kuat dan membanggakan seluruh bangsa Indonesia," harap Menpora.

Berlangsungnya Proliga 2022 juga diharapkan bisa menjadi pemanasan sebelum SEA Games 2022 di Hanoi, Vietnam. Tim voli Indonesia ditargetkan memertahankan medali emas dalam ajang dua tahunan tersebut.

Terlebih, cabang olahraga voli termasuk dalam Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“SEA Games di Hanoi Vietnam medali emas ini insya Allah harus bisa kita pertahankan dan saya yakin dan percaya dengan kualitas para pemain dengan kompetisi yang dilakukan ini, Insya Allah kita masih bisa mempertahankan medali emas di Hanoi Vietnam yang akan datang," ujar Menpora Zainudin Amali. (OL-13)

Baca Juga: Buka Liga Basket Piala Gubernur, Anies Harap Bibit-bibit Baru Pebasket Bisa Berkembang 

BERITA TERKAIT