31 March 2022, 09:48 WIB

Maybank Marathon, Elite Label Road Race Pertama dan Satu-satunya di Indonesia Kembali digelar di Bali


mediaindonesia.com | Olahraga

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi.

PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. ('Maybank Indonesia') hari ini mengumumkan secara resmi penyelenggaraan kembali Maybank Marathon yang akan  diselenggarakan pada 28 Agustus 2022. Maybank Marathon akan mengambil lokasi start di Bali Safari & Marine Park, Gianyar, Bali. Pada penyelenggaraan ke-11 tahun --yang masih dalam peringatan satu dekade Maybank Marathon-- Maybank Indonesia kembali mempersembahkan rute asli dan favorit Maybank Marathon di kabupaten Gianyar yang kaya dengan pemandangan alam dan keramahan budaya masyarakatnya.

Race Pack Collection day yang merupakan event hiburan tersendiri bagi para pelari, akan dibuka pada 26-27 Agustus di Taman Bhagawan, Benoa, Bali.

Maybank Marathon merupakan satu-satunya event marathon di Tanah Air yang sejak awal penyelenggaraan memperoleh sertifikasi penyelenggaraan oleh Badan Atletik Dunia, World Athletics, sebelumnya dikenal sebagai International Association of Athletics Federations (IAAF). Dan sejak 2020 menjadi event marathon pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan ‘Elite Label’ dari World Athletics. 

Maybank Marathon juga satu-satunya event marathon di Tanah Air yang masuk dalam kalender World Athletics dan Association of International Marathons and Distance Races (AIMS) dalam kategori major ‘road running’ event.

Pengumuman penyelenggaraan Maybank Marathon tahun 2022 di Bali, disampaikan oleh Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria di Kantor Pusat Maybank Indonesia, Senayan, Jakarta, dan kembali menggandeng partner utama Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal PB PASI, Bapak Tigor Tanjung, serta para komunitas pelari Tanah Air.

Masih dalam semangat peringatan satu dekade Maybank Marathon, perhelatan Maybank Marathon 2022 di Bali akan memperlombakan kategori Marathon (42,195 km), Half-Marathon (21,1 km), dan 10K. 

Registrasi Maybank Marathon Bali 2022 akan dibuka secara on line melalui situs https://www.maybank.co.id/Maybank-Marathon pada 16 April 2022.

“Dengan bangga dan senang hati, pada hari ini kami mengumumkan penyelenggaraan kembali ‘Elite Label’ Road Race Maybank Marathon di Bali. Sejak pertama kali  diperkenalkan pada 2012, Maybank Marathon adalah event marathon pertama dan satu-satunya di Tanah Air yang secara konsisten memperoleh sertifikasi Badan Atletik Dunia, World Athletics (sebelumnya, IAAF), AIMS serta PB PASI, dan sejak 2020 Maybank Marathon memperoleh predikat ‘Elite Label’ dari World Athletics. Dalam perjalanannya Maybank Marathon juga menjadi ajang kualifikasi lomba olahraga nasional PON dan juga Boston Marathon,” ujar Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria.

Selain menyandang predikat ‘Elite Label’ dari badan World Athletics, Maybank Marathon juga telah memasuki daftar 175 ajang kualifikasi seri marathon World Championship Abbott World Marathon Major (Abbott WMM) Wanda Age Group World Rankings serta masuk ke dalam official race directory Boston Marathon. 

Berbagai pengakuan internasional telah diraih oleh Maybank Marathon, di antaranya masuk dalam 'World’s must run race before you die' oleh the Active; 'The 52 Best Races on Earth 2016' oleh Runner’s World; 'Best Marathon 2016', 'Best Half-Marathon 2015', dan 'The Most Popular Sport Event 2018' oleh the Venue Magazine.

Sejak pelaksanaan Maybank Marathon pertama di tahun 2012, Maybank Marathon telah mendapatkan sertifikasi dari International Measurement Certificate dan disahkan oleh AIMS serta PASI. “Perhelatan Maybank Marathon di tahun 2022 diharapkan dapat membangkitkan semangat para pehobi olahraga lari yang sudah lama menantikan tantangan lari di alam terbuka, khususnya di Bali, serta
menjadi salah satu upaya untuk menggiatkan kembali penyelenggaraan event olahraga outdoor di Indonesia,” jelas Taswin.

Seperti pada penyelenggaraan lomba lari Maybank Marathon sebelumnya, Project Director Maybank Marathon, Widya Permana memastikan mempersiapkan segal infrastruktur. ''Kami akan mempersiapkan infrastruktur yang memadai dan memastikan faktor kenyamanan dan keamanan tetap terjaga untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan Maybank Marathon, seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Widya.

Maybank Indonesia memiliki visi untuk mengangkat Maybank Marathon menjadi ikon wisata olahraga kelas dunia di Indonesia, khususnya di Bali. “Selain karena memiliki kesiapan infrastruktur, Bali memiliki kemampuan untuk mengakomodasi para pelari dari seluruh dunia. Kami berharap perhelatan Maybank Marathon 2022 di Bali pada bulan Agustus mendatang, juga dapat memberi dampak pada perekonomian serta mendorong momentum pemulihan industri pariwisata Bali,” tutup Taswin.

Dalam persiapan untuk mengikuti Maybank Marathon, Maybank Indonesia akan menggelar pelatihan dan kelas edukasi yang terangkum melalui rangkaian ‘Road to Maybank Marathon Bali 2022 ’di beberapa kota besar. Rangkaian kegiatan pelatihan dan edukasi tersebut dapat menjadi sarana persiapan fisik bagi pelari sebelum mengikuti Maybank Marathon 2022 di Bali yang meliputi running clinic, Sunday morning run, pelatihan mengenai penanganan Cardiopulmonary Resuscitation ('CPR') dan Life Support.

Sejalan dengan semangat peringatan satu dekade Maybank Marathon, 10 Top Finishers pria dan 10 Top Finishers wanita dari setiap kategori (10K, 21K dan 42K) pada ajang lari virtual Maybank Marathon Anywhere 2021 yang dilaksanakan Desember 2021, akan mendapatkan slot lari dan akomodasi gratis untuk mengikuti Maybank Marathon 2022 di Bali. 

Demikian juga bagi peserta Maybank Marathon Anywhere 2021 yang telah menyelesaikan run challenge dan membeli merchandise akan mendapatkan
early access untuk registrasi Maybank Marathon 2022. 


Seluruh informasi terkini terkait penyelenggaraan Maybank Marathon 2022 di Bali dapat diakses melalui:
Situs : www.maybank.co.id/maybankmarathon
Instagram : @maybankmarathon
Facebook : Maybank Marathon
Twitter : @maybankmarathon 

(OL-10)

BERITA TERKAIT