17 March 2022, 09:57 WIB

Nadal Melaju ke Perempat Final Indian Wells Masters 2022


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

AFP/MATTHEW STOCKMAN
 AFP/MATTHEW STOCKMAN
Petenis Rafael Nadal

TREN kemenangan terus dilanjutkan juara grand slam 21 kali, Rafael Nadal, dalam perjalanannya sepanjang musim 2022. Menghadapi petenis Amerika Serikat Reilly Opelka di babak 16 besar Indian Wells Masters 2022, Nadal berhasil merebut kemenangan dua set langsung dengan skor akhir 7-6(7/3) dan 7-6(7/5).

Kemenangan ini meningkatkan catatan menang-kalah milik Nadal selama musim 2022 yang mana kini menjadi 18-0. Kesabaran dan pertahanan kuat Nadal dalam mengatasi gempuran keras yang terus dilancarkan Opelka berhasil membuat petenis Spanyol itu menggenggam tiket menuju babak perempat final, dengan menyelesaikan pertandingan berdurasi 2 jam 11 menit.

"Dia (Opelka) adalah salah satu lawan terberat di Tour,” kata Nadal dalam wawancara di lapangan dikutip dari ATP, Kamis (17/3) WIB.

"Sangat sulit untuk mengontrol senjatanya dengan servis dan forehandnya. Saya pikir saya memainkan pertandingan terbaik di turnamen hari ini. Saya sangat senang bisa memenangkan pertandingan, dengan dua tie-break yang sulit. Kemenangan ini sangat berarti bagi saya," terangnya.

Dengan unggulan teratas Daniil Medvedev (Rusia) dan unggulan ketiga Alexander Zverev (Jerman) yang telah terhenti, Nadal yang merupakan unggulan keempat menjadi petenis dengan peringkat tertinggi yang masih bertahan. Kini, ia semakin dekat dengan trofi juara untuk keempat kalinya di musim 2022.

Baca juga: Masuk ke 16 Besar Indian Wells, Nadal Catat Kemenangan ke-400 ATP Masters

Nadal telah membuat sejarah dalam beberapa kesempatan tahun ini, setelah merebut mahkota Grand Slam ke-21 di Australia Terbuka. Petenis Spanyol itu juga meraih kemenangan ke-400 kalinya di turnamen Masters 1.000 pada pertandingan melawan Daniel Evans di putaran ketiga Indian Wells.

"Saya pikir saya bermain dengan bagus hari ini," ucap Nadal.

"Pertandingan hari ini cukup sulit karena Anda perlu menemukan keseimbangan yang tepat. Ketika Anda memainkan poin dari baseline, Anda pikir Anda tidak bisa melewatkannya karena Anda tidak akan memiliki banyak peluang. Jadi, Anda perlu menemukan keseimbangan untuk tidak membiarkannya masuk dan tidak mengambil risiko besar," tuturnya.

Nadal adalah juara tiga kali di Indian Wells dengan gelar juara diraihnya pada edisi 2007, 2009 dan 2013. Dia akan melanjutkan pengejaran gelarnya dan akan melawan Nick Kyrgios (Australia) di babak perempat final.

Petenis Australia itu lolos ke perempat final tanpa keringat, setelah petenis muda Italia Jannik Sinner terpaksa mundur dari pertandingan karena sakit.(ATP/OL-5)

BERITA TERKAIT