07 March 2022, 09:03 WIB

Debut Mario Aji Cukup Menjanjikan di Ajang Moto3


 Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

MI/Koresponden
 MI/Koresponden
Pembalap Moto3 Mario Aji dari Indonesia.  

PEMBALAP Moto3 asal Indonesia Mario Aji melakoni debut dengan cukup menjanjikan pada balapan perdana musim 2022 di Sirkuit Inrernasional Losail, Qatar, Minggu (6/3) malam waktu setempat.

Memulai balpan dari grid P22, Mario yang memperkuat Honda Team Asia sempat melorot ke P27, sebelum kemudian memperbaiki posisinya di lap kedua untuk naik ke P19.

Sempat kembali merosot ke posisi P22, namun akhirnya pembalap asal Magetan, Jawa Timur itu sukses finis di P19 dengan catatan waktu 38 menit 29,019 detik dengan balapan berjumlah 18 laps.

"Saya senang bisa menyelesaikan balapan ini. Saya mendapatkan beberapa umpan balik positif dari tim," ucap Mario dalam keterangan resmi tim, Senin (7/3).

"Balapan pertama ini penting bagi saya karena saya perlu mendapatkan lebih banyak pengalaman," imbuhnya.

"Saya mencapai target saya yaitu melewati garis finis. Dari balapan ini, saya cukup optimis untuk mengambil langkah lebih baik lagi di setiap balapan selanjutnya," terangnya.

Tampil cukup baik di GP Qatar, selanjutnya Mario Aji akan melakoni seri balapan di tanah air saat MotoGP menyambangi Pertamina Internasional Mandalika Sirkuit (GP Indonesia) pada 18-20 Maret mendatang.

Berbekal balapan di GP Qatar serta berkesempatan menjalani latihan tertutup di trek sepanjang 4,3 km itu, Mario berharap dapat tampil jauh lebih baik saat MotoGP kembali untuk pertama kali ke Indonesia sejak 25 tahun lalu.

"Tim membantu saya, dan saya akan mendorong sebanyak mungkin. Kami perlu bekerja lebih banyak, tetapi secara keseluruhan, saya menikmati akhir pekan ini," tuturnya.

"Sekarang saatnya berterima kasih atas dukungan yang saya terima dan mempersiapkan diri untuk balapan selanjutnya di Mandalika," jelasnya.

Menanggapi hasil balapan yang dicapai Mario, Team Manager, Hiroshi Aoyama, menyebut bahwa Moto3 Qatar telah memberikan banyak pengalaman untuk Mario.

Namun, dia menekankan, Mario masih memiliki sejumlah kekurangan yang perlu segera diperbaiki, khususnya pada sesi kualifikasi.

"Mario Suryo Aji memiliki debut Grand Prix yang menjanjikan, menyelesaikan balapan Kejuaraan Dunia pertamanya di tempat ke-19," sebut Aoyama.

"Kecepatannya bagus, tetapi posisi di kualifikasi sangat memengaruhinya. Lain kali dia harus bekerja meningkatkan poin penting ini," jelasnya.

Dalam GP Qatar Pembalap Honda Andrea Migno berhasil tampil sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 37 menit 59,522 detik, posisi kedua sukses direbut oleh pembalap Sergio Garcia Dols (GasGas) dengan jarak 0,037 detik dari Migno.

Sementara pembalap Jepang Kaito Toba (KTM) meraih podium ketiga dengan catatan waktu 38 menit 00,095 detik. (Rif/HRC/OL-09)

BERITA TERKAIT