05 March 2022, 14:56 WIB

Cristo/Rifqi Bawa Indonesia Bertahan di Grup II Davis Cup


Akmal Fauzi | Olahraga

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
 ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Petenis Christopher Rungkat (kanan) dan Muhammad Rifqi Fitriadi (kiri)

CHRISTOPHER Rungkat dan M. Rifqi Fitriadi berhasil meraih kemenangan dari wakil Venezuela Luiz David Martinez/Jordi Munoz-Abreu di partai ganda Playoff Grup II Davis Cup 2022, 6-1, 7-5 di Stadion Tenis GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (5/3). Hasil ini membuat Indonesia unggul 3-0 atas Venezuela dan tetap bertahan di World Group II.

Christo/Rifqi mengawali partai ganda dengan mulus pada set pertama saat unggul 3-0 dari Martinez/Abreu. Dalam waktu 22 menit, mereka berhasil unggul dengan skor 6-1.

Memasuki set kedua, laga menjadi semakin ketat. Kali ini pasangan Venezuela tampil lebih agresif dan terlihat sudah bisa membaca permainan pasangan Indonesia. Kejar mengejar poin pun terjadi hingga skor 5-5.

Titik balik penentu kemenangan saat Christo/Rifqi berhasil meninggalkan Martinez/Abreu pada kedudukan 6-5 untuk mengunci kemenangan dengan skor akhir 7-5.

"Akhirnya kita bisa mendapat kemenangan lagi dan bertahan di grup II. Di pertandingan hari ini, saya dan Rifqi bermain apa yang harus dilakukan seperti atur strategi cara bermain," kata Cristo.

Baca juga: Memimpin 2-0 Atas Venezuela Lewat Tunggal Putra Rifqi dan Christoper Rungkat

"Saya juga mau kasih kredit tim Venezuela yang sudah jauh-jauh datang dari Venezuela ke Indonesia dengan karantina dan lain-lain, dan mereka memberikan perlawanan cukup bagus dari kemarin sampai hari ini," lanjutnya.

Christo juga memuji pasangannya sekaligus juniornya. Menurutnya, Rifqi bermain baik dan ke depan bisa menjadi tulang punggung Indonesia dalam berbagai event dunia.

"Rifqi hari ini bermain baik dan menunjukan bisa bersaing. Pesan posotifnya, jika Rifqi bisa mengeksplor dirinya di turnamen-turnamen kelas dunia beberapa tahun ke depan, dia bisa menjadi pemain yang sangat berkualitas dan bisa berkontribusi banyak buat Indonesia di kancah internasional multievent dan lainnya," kata Cristo.

Sementara Rifqi berterimakasih kepada senior dan pelatih yang membuatnya nyaman di lapangan dan lebih percaya diri untuk bermain di hadapan masyarakat Indonesia.

"Sebelum bermain memang kita sempat berdiskusi dengan bang Cristo dan pelatih, atur strategi, bagaimana bermain, tidak terburu-buru," kata Rifqi.

"Tentunya dengan masukan dari senior dan pelatih kita bisa memang hari ini. motivasi masukan dari luar lapangan maupun di lapangan yang bikin saya tetap nyaman bermain," lanjutnya.

Pada laga hari pertama, Jum'at (4/3), Rifqi berhasil meraih poin pertama untuk tim Davis Indonesia usai mengalahkan tunggal kedua Venezuela Francisco Lamas Villarroel 6-3, 6-4 pada pertandingan pembuka laga.

Christo kemudian berhasil membawa tim Piala Davis Indonesia unggul 2-0 di partai kedua dari Venezuela setelah menang 7-6(4) 6-1 atas tunggal pertama Venezuela, Luis David Martinez.

Setelah unggul 3-0 dan dipastikan Indonesia bertahan di Grup II, kedua tim sepakat untuk memainkan pertandingan sisa, yakni dua partai tunggal. (OL-4)

BERITA TERKAIT