04 March 2022, 20:24 WIB

Memimpin 2-0 Atas Venezuela Lewat Tunggal Putra Rifqi dan Christoper Rungkat


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
 ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Petenis andalan Indonesia Christopher Rungkat

SETELAH tim Piala Davis Indonesia berhasil memetik kemenangan 2-0 atas Venezuela dalam laga Play-off World Group II, di Stadion Tenis Outdoor, Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (4/3) WIB. Indonesia langsung mempersiapkan komposisi skuad terbaik untuk perandingan hari kedua yang akan berlangsung , Sabtu (5/3).

Seperti diketahui dua kemenangan Indonesia berhasil dipersembahkan dalam pertandingan nomor tunggal putra. Turun dalam partai pertama, wakil Indonesia Muhammad Rifqi Fitriadi berhasil merebut kemenangan pertama atas petenis muda Venezuela Fransisco Lamas Villarroel (18 tahun) dengan skor kemenangan dua set langsung 6-3 dan 6-4.

Di partai kedua petenis andalan Indonesia Christopher Rungkat juga berhasil meraih kemenangan dua set langsung atas tunggal pertama Venezuela Luis David Martinez dengan skor akhir 7-6(7/4) dan 6-1.

Berbicara terkait persiapan pertandingan besok, di mana nomor ganda putra akan menjadi partai pertama, Kapten Tim Indonesia Febi Widhiyanto menyatakan siap menurunkan pasangan ganda terbaik.

"Alhamdulillah hari ini 2-0, mudah-mudahan besok partai pertama ganda kita bisa memenangkan pertandingan," ucap Febi ditemui usai pertandingan, Jumat (4/3).

"Yang saya lihat untuk pertandingan besok kita masih harus memasang tim yang terbaik di dobel, pasti kita akan pasang Christo tapi kita belum tau berpasangan dengan siapa karena jika saya pasang Christo dengan Rifqi, Rifqi harus main di partai keempat dan itu jarak cuman 30 menit," tutur Febri.

Baca juga: Meski Kalah Peringkat, Tim Piala Davis Indonesia Optimistis Kalahkan Venezuela

"Kita akan lihat kondisinya seperti apa, dan nanti malam kita akan bicarakan dengan tim, tapi mudah-mudahan besok bisa memberikan komposisi pemain yang terbaik di Davis Cup," terangnya.

Dapat diketahui dalam pertandingan Piala Davis masing-masing tim dapat merubah komposisi pemain dari hasil pengundian awal untuk pertandingan di hari kedua, namun demikian pengajuan nama pemain hanya dapat dilakukan paling lambat satu jam sebelum pertandingan partai pertama di mulai.

Sementara itu, saat ditanya kemungkinan besar dirinya akan kembali diturunkan di nomor ganda, Christopher mengaku siap. Dia juga mengatakan kondisi tubuhnya saat ini dalam kondisi yang sehat.

"Ini kan masih akan kita diskusikan lebih lanjut karena kan terakhir submit nama itu jam 9.00 WIB besok. Jadi malam ini kita ada beberapa jam untuk mendiskusikan dengan internal tim, apa dan siapa yang terbaik karena kita harus memikirkan posibility di dua match terakhir jika terjadi apa-apa di nomor ganda," ucap Christopher.

"Yang pasti, sampai hari ini saya merasa sehat, merasa gak ada kendala dengan tubuh saya, tadi main di single juga saya merasa sehat dengan tubuh saya dan kalau pun saya diberi kesempatan untuk main dua kali saya siap buat main dua kali," terangnya.

Berbicara terkait siapa pasangan yang pas untuknya bila besok diturunkan di nomor ganda, Christopher mengatakan semua pemain tim Piala Davis Indonesia merupakan pemain terbaik, sehingga dirinya siap akan dipasangkan oleh siapapun.

"Saya yakin dengan kualitas tim indonesia sekarang, besok kita punya peluang yang besar untuk meraih kemenangan di ganda. Semoga dengan dua kemenangan hari ini bisa menjadi booster kepercayaan diri buat tim Indonesia untuk besok." tukasnya.

Adapun pertarungan hari kedua Indonesia vs Venezuela dalam laga Play-off World Group II akan mempertandingkan tiga parta, dengan satu pertandingan nomor ganda putra dan dua pertandingan nomor tunggal putra. Untuk Pertandingan besok dijadwalkan akan dimulai pada pukul 10.00 WIB. (OL-4)

BERITA TERKAIT