19 February 2022, 05:06 WIB

Kalahkan Halep, Ostapenko Melaju ke Final Dubai


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/Karim SAHIB
 AFP/Karim SAHIB
Petenis Latvia Jelena Ostapenko

JELENA Ostapenko bangkit dari ketertinggalan satu set di laga ketiga secara beruntun saat mengalahkan mantan petenis peringkat satu dunia Simona Halep 2-6, 7- (7/0), dan 6-0 untuk melaju ke final turnamen WTA di Dubai.

Petenis Latvia, yang menyingkirkan unggulan keenam Iga Swiatek di putaran kedua serta Petra Kvitova di perempat final, akan bertemu dengan peringkat 31 dunia Veronika Kudermetova di laga final.

Ostapenko menyingkirkan empat juara Grand Slam untuk mencapai babak final di Dubai serta menganggalkan upaya Halep untuk meraih gelar ketiganya di Dubai.

Baca juga: Djokovic Berambisi Meraih Medali Emas Olimpiade Paris 2024

Ostapenko, yang merupakan juara Prancis Terbuka 2017, melaju ke final ke-11 sepanjang kariernya, dalam upaya meraih gelar pertamanya di lapangan keras sejak 2019.

"Bermain melawan juara Grand Slam di empat laga secara beruntun tidaklah mudah," ujar Ostapenko.

"Saya sangat senang dengan perjuangan saya. Ketika segalanya tidak sesuai keinginan saya, saya tidak menyerah dan berjuang keras untuk meraih kemenangan," lanjut petenis berusia 24 tahun itu.

Ini merupakan pertemuan ketiga antara Ostapenko dan Halep, yang pertama sejak 2017, ketika Ostapenko secara mengejutkan Halep di laga final Roland Garros, setelah sempat tertinggal satu set.

Namun, Halep sukses membalas kekalahan itu di Beijing, beberapa bulan kemudian, untuk mengamankan posisinys di peringkat satu dunia.

"Saya tahu saya harus bermain agresif melawan dia. Dia tidak suka berhadapan dengan lawan yang agresif. Saya tahu apa yang harus saya lakukan untuk menang," tegas Ostapenko.

Adapun calon lawan Ostapenko di babak final, Kudermetova melaju ke final tampa berkeringat setelah lawannya, Marketa Voundousova, mengundurkan diri karena cedera otot adductor kanan.

Voundrousova, yang menenangkan enam laga di Dubai sejak babak kualifikasi, mengaku memprioritasan kesehatannya ketimbang memaksakan diri untuk bertanding.

"Cedera ini sudah saya rasakan sejak beberapa hari lalu. Saya memainkan banyak laga sehingga memperparah cedera ini," ungkap Voundrousova.

"Saya sedih harus meninggalkan turnamen dengan cara seperti ini namun saya menikmati bermain di sini dan bangga dengan capaian saya," pungkasnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT